Sukses

Apple Berencana Boyong Aplikasinya ke Platform Android?

Apple mempertimbangkan untuk memboyong aplikasi besutannya, seperti iCloud dan Apple Pay, ke platform Android

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memperluas pasar aplikasi besutannya ke platform lain, khususnya Android. Hal ini diutarakan langsung oleh CEO Apple Tim Cook kepada seluruh pegawainya saat pertemuan tahunan beberapa waktu lalu.

Seperti diberitakan dari Business Insider, Rabu (10/2/2016), dalam pertemuan itu, Cook menuturkan bahwa tak menutup kemungkinan layanan besutan Apple, seperti iCloud dan Apple Pay, dapat hadir di Android. 

Salah satu aplikasi Apple untuk Android yang sudah dirilis adalah Apple Music. Layanan streaming musik tersebut dikatakan merupakan bagian dari uji coba layanan Apple untuk perangkat lain. Hal ini dilakukan setelah Apple mulai memosisikan diri sebagai perusahaan penyedia layanan.

Keputusan Apple ini disebut mengikuti jejak perusahaan lain yang memang sudah berfokus menjadi penyedia layanan, seperti Amazon, Facebook, Google, dan Microsoft. Langkah Apple ini bukannya tanpa alasan. Sebab, iPhone sebagai salah satu sumber pendapatan utama perusahaan tersebut penjualannya kian merosot.

Dalam laporan kuartal terbaru, penjualan seri iPhone terbaru, iPhone 6s, memang mengalami penurunan. Tak hanya itu, pengapalan kedua seri terbaru iPhone itu dikabarkan terus melambat. Hal ini berimbas pada menurunnya saham Apple di pasar saham Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, Cook tetap optimistis bahwa dalam 10 tahun ke depan penjualan iPhone akan terus berkembang. Terlebih, iPhone disebut sebagai bisnis terbaik untuk masa depan.

Selain itu, Cook juga berharap agar divisi iPad dapat meningkatkan penjualannya sampai akhir tahun ini. Penjualan iPad terus mengalami penurunan penjualan dalam satu tahun terakhir. Maka itu, Cook mendorong agar iPad dapat kembali meneruskan tren penjualan yang tergolong baik seperti sebelumnya.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.