Sukses

Gamer Makin Kepincut Nonton 'Walkthrough' di YouTube

Google Indonesia mengungkap, jumlah viewer video dengan konten gim meningkat signifikan jika dibandingkan dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang gamer tak melulu harus bermain gim (game). Seiring berkembangnya teknologi dan jejaring sosial di masa kini, gim yang tengah dimainkan pun bisa menjadi sebuah konten yang bisa dinikmati orang lain.

YouTube melihat hal ini sebagai peluang besar. Oleh karena itu, lahirlah YouTube Gaming, jejaring berbagi video khusus bagi komunitas gamer.

Seperti disampaikan Putri Silalahi, Communications Head Google Indonesia, konten gim merupakan salah satu konten yang paling banyak dicari di jejaring sosial berbagi video tersebut.

Bahkan, diketahui jumlah gamer yang mengakses konten video gim di YouTube telah mencapai ratusan juta. Ini artinya, para gamer di seluruh dunia semakin tertarik untuk mengakses konten video di YouTube.

"Tiap bulan meningkat. Kalau sekarang (tahun ini) waktu menonton konten gim di YouTube telah meningkat 60 persen dibanding tahun lalu," kata Putri.

Putri Silalahi, Communications Head Google Indonesia (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Terkait seperti apa konten gim yang diakses di YouTube, Putri menjelaskan bahwa konten itu berupa ragam walkthrough atau playthrough gim yang tengah dimainkan, review gim, reaction bahkan sampai event gim internasional sekelas e-sports.

YouTube Gaming seperti diketahui baru saja hadir di Indonesia pada Kamis (7/4/2016). Para gamer di Tanah Air sudah bisa mengakses dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store, App Store dan juga bisa langsung ke gaming.youtube.com via PC. 

Indonesia bukan satu-satunya negara yang disambangi YouTube Gaming. Untuk wilayah Asia Tenggara, terdapat beberapa negara yang juga dapat mengakses layanan ini, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Hongkong, dan Taiwan.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini