Sukses

Pengguna VoLTE Smartfren Masih Suka yang Gratisan

Pengguna Smartfren ternyata lebih sering memanfaatkan kuota gratis untuk layanan suara termasuk VoLTE ketimbang membelinya secara khusus

Liputan6.com, Osaka - Layanan Voice Over LTE (VoLTE) Smartfren yang baru saja dihadirkan, nyatanya telah berhasil menarik cukup banyak pengguna.

Menurut Hartadi Novianto, Head of Mass Product Smartfren, telah banyak pengguna layanan 4G Smartfren yang memanfaatkan layanan VoLTE.

"Respon pengguna terhadap VoLTE sangat baik," ujar Hartadi Novianto, Head of Mass Product Smartren, saat ditemui di sela-sela media trip Smartfren di Osaka, Jepang, baru-baru ini.

Hanya saja, tak sedikit dari pengguna enggan mengeluarkan uang lebih untuk menggunakan layanan VoLTE. Hartadi mengatakan, kebanyakan pengguna VoLTE memanfatkaan bonus telepon gratis VoLTE yang tersedia dalam paket Smartplan.

"Ketimbang menambah paket suara VoLTE, pengguna masih memilih untuk menambah kuota data yang dimilikinya," ujar Hartadi. Menurutnya, hal itu tak lepas dari kehadiran 4G LTE yang memang sudah diperkenalkan Smartfren sejak tahun lalu.

Kehadiran layanan 4G LTE disebut mempengaruhi kebiasaan orang dalam berkomunikasi dan memanfaatkan layanan data. Hartadi menyebut, hampir sebagian pengguna lebih banyak memilih menggunakan layanan data ketimbang layanan dasar, seperti telepon atau SMS.

"Secara umum, pelanggan saat ini juga lebih memilih menggunakan paket layanan data, ketimbang membeli paket khusus untuk menelepon atau SMS," ucap Hartadi.

Ia mengungkap, pengguna lebih banyak memanfaatkan bonus kuota dari paket ketika akan menelepon atau mengirim SMS. 

VoLTE sendiri merupakan salah satu layanan unggulan yang baru saja diperkenalkan Smartfren. Layanan ini disebut memiliki berbagai keunggulan, mulai dari set up call yang lebih cepat, kualitas HD, sampai tak berpengaruh pada kecepatan unduh.

Untuk bisa menikmati layanan VoLTE, pengguna harus mengunduh aplikasi Smart VoLTE di Google Play Store terlebih dulu. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat 4G yang telah mendukung Band 5 (850 Mhz) dan Band 40 (2300 Mhz).

Sekadar informasi, layanan VoLTE Smartfren tidak memakai kuota data internet yang sudah dimiliki pengguna. Layanan ini menggunakan pulsa telepon dengan tarif reguler.

Oleh sebab itu, bagi pengguna Smartfren yang sudah mengaktifkan paket Smartplan, mendapat bonus telepon yang juga dapat digunakan untuk memakai layanan VoLTE.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.