Sukses

Tips Menghapus Kontak yang Terduplikat di Android

Berikut tips untuk menghapus kontak yang terduplikat pada smartphone Android Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik smartphone Android pasti merasa terganggu jika ada beberapa kontak di phone book-nya yang terduplikasi.

Misalnya, ada lebih dari satu kontak dengan nama dan nomor yang sama pada phone book. Padahal, rasanya Anda hanya menyimpannya satu kali saja.

Nah, Tekno Liputan6.com kali ini akan memberikan tips bagaimana menghapus kontak yang terduplikat ini dari smartphone Android Anda, sebagaimana dikutip dari Android Pit, Rabu (1/6/2016). 

1. Hapus dari kontak di Android

Cara pertama yang harus dilakukan melalui aplikasi kontak di Android. Memang aplikasi kontak ini tergantung pada pabrikan masing-masing perangkat. Namun pada Android Lollipop, Anda hanya perlu 'tap' sebuah nama kemudian 'edit' (ditandai dengan ikon pensil), kemudian hapus.

Anda mungkin juga memiliki dua entri kontak untuk orang yang sama, satu kontak email yang lainnya nomor ponsel. Untuk menghubungkannya, coba edit dengan membuka More menu (dilambangkan dengan tiga titik vertikal) dan 'tap Join' atau gabungkan. Selanjutnya Anda tinggal pilih, mana kontak yang ingin Anda gabungkan.Cara menggabungkan kontak yang terduplikat melalui buku kontak (Sumber: Android Pit).

Meski begitu, beberapa smartphone Android seperti Samsung mencari link ikon pada halaman kontak yang menghubungkan dua kontak yang sama menjadi satu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gmail versi web dan aplikasi

2. Melalui Gmail versi web

Lebih mudah dan praktis untuk mengelola kontak Google Anda dari antarmuka web, misalnya dari Gmail. Caranya, klik menu drop-down yang terdapat di kiri atas kotak masuk (berbentuk kumpulan segi empat di samping nama Anda).

Kemudian pilih Kontak dari daftar kontak pada buku alamat virtual. Secara otomatis, Gmail web bakal memberitahukan kepada Anda, ada berapa banyak kontak yang terduplikat. 

Gmail web juga memberikan pilihan untuk menggabungkan atau tak mengubahnya sama sekali.
Cara menggabungkan kontak yang terduplikat melalui Gmail web (Sumber: Screenshoot).

Jika Anda ingin melakukannya secara manual, bisa dilakukan dengan menyeleksi dua kontak yang sama kemudian pilih simbol tanda panah yang ada di kiri atas buku alamat virtual.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sebentar dan kedua kontak yang ingin digabung pun otomatis tergabung.
Cara menggabungkan kontak yang terduplikat melalui Gmail web (Sumber: Screenshoot).

3. Gunakan aplikasi penggabung kontak

Perlu diketahui, sebenarnya ada berbagai aplikasi di Android yang memungkinkan Anda untuk mengatur kontak. Namun, aplikasi Simpler Merge Duplicates ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan kontak Anda yang terduplikat seperti yang dilakukan oleh Gmail web.

Aplikasi untuk mengatur kontak (Sumber: Android Pit).

Aplikasi yang bersumber pada kontak telepon ini bisa mengidentifikasi kontak yang memiliki kemungkinan cocok satu sama lain (berdasarkan nama). Kemudian, aplikasi akan memberikan review dan mengizinkan Anda memilih opsi apa yang akan dilakukan pada kontak tersebut.

Jadi, sudah siap untuk 'membersihkan' kontak di smartphone Android Anda?

(Tin/Isk)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini