Sukses

Ini 5 Prediksi Elon Musk di Bidang Teknologi

Musk mengungkapkan beberapa prediksinya yang berkaitan dengan teknologi dan perkembangan manusia

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk dikenal sebagai salah satu sosok yang inovatif sekaligus kontroversial. Hal itu bukannya tanpa alasan, sebab beberapa ide yang keluar dari dirinya kerap sekaligus sulit diterima masyarakat saat ini. 

Salah satu ide yang cukup mengangetkan publik saat ia mengatakan ingin membom nuklir Mars. Namun, di balik kegilaan idenya tersebut, ia hanya ingin membuat planet merah tersebut layak huni.

Oleh sebab itu, menarik untuk menyimak pernyataaanya dalam beberapa kesempatan. Kali ini, giliran Musk yang mengungkapkan beberapa prediksinya di bidang teknologi untuk beberapa tahun ke depan.

Teknologi mobil otonomos dan kedatangan manusia ke Mars adalah beberapa prediksinya. Untuk itu, berikut lima (5) prediksi Musk tentang teknologi, seperti dikutip dari laman Time, Minggu (5/6/2016).

1. Manusia dapat pergi ke Mars pada 2025
Apabila berjalan sesuai rencana, manusia seharusnya dapat memulai penerbangan ke Mars pada 2024 dan mendarat setahun setelahnya. Bahkan, ia sudah mempersiapkan ide mengenai bentuk koloni manusia yang seharusnya dapat dibuat di planet merah tersebut.

Menurutnya, demokrasi langsung adalah sistem yang dapat bekerja secara efisien untuk koloni tersebut. "Saya pikir itu adalah terbaik karena potensi untuk korupsi semakin kecil dibandingkan demokrasi representatif," ucap pria yang juga pendiri PayPal tersebut.

2. Video gim tak jauh beda dari realitas
Sejak lama, Musk memperkirakan bahwa manusia dapat benar-benar hidup di sebuah simulasi. Alasan utamanya adalah perkembangan teknologi semakin memperkaya video gim sehingga suatu saat permainan tak mungkin terpisah dari kenyataan.

"Saat ini, kita sudah memiliki photorealistic, simulasi 3D dengan jutaan orang yang memakainya, dan tiap tahun semakin baik," tuturnya. Untuk itu, dengan memperhitungkan semua peningkatan tersebut, dunia gim tak lagi terpisah dari realitas sebenarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Otonomos

3. Mobil otonomos akan hadir kurang dari dua tahun lagi

Perusahaan seperti Google, Uber, dan Tesla sendiri disebut tengah memulai pengembangan teknologi mobil tanpa supir. Meskipun banyak di antaranya masih dalam tahap awal, Musk percaya mobil otonomos dapat terwujud dalam waktu dua tahun.

"Saya memperkirakan mobil otonomos mampu memecahkan masalah dasar," ucapnya. Pria kelahiran Afrika Selatan itu mengatakan regulator setidaknya membutuhkan setahun, sebelum benar-benar memperbolehkan mobil otonomos berjalan.

4. Apple Car diproduksi pada 2020

Tak ketinggalan, Musk juga mengomentari salah satu perusahaan paling bernilai di dunia saat ini, yakni Apple. Ia mengatakan mobil otonomos yang dibesut Apple akan mulai diproduksi pada 2020 mendatang.

Bahkan, Ia juga menyarankan Apple seharusnya segera memulai proyek mobilnya. Sebelumnya, Wall Street Journal juga sempat melaporkan kendaraan pertama Apple akan diperkenalkan pada 2019.

5. Manusia sudah menjadi cyborg

Meskipun sempat menuturkan kecerdasan buatan merupakan ancaman bagi manusia, Musk ternyata sudah menemukan solusi untuk permasalahan itu. Menurutnya, manusia saat ini tak ubahnya sebuah cyborg, sebab sudah terlalu sering bersinggungan dengan komputer. 

"Manusia pada dasarnya memiliki kekuatan super dengan komputer dan ponsel lengkap dengan aplikasi di dalamnya," tuturnya. Ia mengatakan manusia saat ini memiliki kekuatan yang melebihi presiden Amerika Serikat 20 tahun lalu.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini