Sukses

Hacker Bocorkan 5 Film Baru Sony Pictures ke Internet

Fury, film populer yang dibintangi oleh Brad Pit dan kini masih ditayangkan di bioskop menjadi salah satu yang dibocorkan.

Liputan6.com, California - Serangan besar-besaran kelompok hacker terhadap sistem komputasi studio Sony Pictures Entertainment berbuntut panjang.

Selain memaksa seluruh karyawan Sony Pictures untuk bekerja secara manual tanpa komputer, kini hacker juga dilaporkan berhasil mencuri 5 film anyar besutan studio film yang berbasis di Culver City, California itu. Parahnya lagi, kelima film baru Sony Pictures itu saat ini sudah disebarkan dan beredar luas di internet.

Menurut yang dilansir laman Techcrunch, film-film yang dibocorkan oleh hacker adalah Annie, Mr. Turner, Still Alice, To Write Love On Her Arms, serta film bertema Perang Dunia II bertajuk Fury yang dibintangi oleh Brad Pit dan kini masih ditayangkan di bioskop.

"Pencurian terhadap konten-konten Sony Pictures Entertainment adalah sebuah masalah kriminal, dan kami tengah bekerjasama dengan pihak yang berwajib untuk menyelesaikan masalah ini," ucap juru bicara Sony Pictures.

Guardian of Peace (GOP), ditengarai sebagai kelompok hacker yang bertanggung jawab atas peretasan ini. Laman Times menjelaskan bahwa pihak GOP mengakui aksi mereka dibantu oleh orang dalam Sony Pictures.

GOP juga sebelumya telah mempublikasikan daftar file yang berhasil mereka curi dari jaringan komputer Sony Pictures. Beberapa di antaranya adalah salinan digital dokumen passport dan visa sejumlah selebriti ternama seperti Angelina Jolie dan Cameron Diaz, lebih dari 700 dokumen berisi password, 179 arsip email Outlook milik eksekutif dan staf IT, serta dokumen berisi anggaran film. (dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.