Sukses

Sony Pictures Sudah Tahu Dalang Peretasan?

Sony Pictures dilaporkan akan segera mengumumkan dalang dari peretasan jaringan komputer dan bocornya sejumlah film terbaru.

Liputan6.com, Jakarta Sony Pictures dilaporkan akan segera mengumumkan dalang dari peretasan jaringan komputer dan bocornya sejumlah film terbaru. Situs Re/code mengklaim dua sumbernya mengatakan, Korea Utara (Korut) adalah sumber dari serangan cyber tersebut.

Laman Re/code, Kamis (4/12/2014), melaporkan bahwa Sony Pictures akan mengumumkan Korut sebagai dalang peretasan secepatnya. Juru bicara Sony menolak berkomentar mengenai laporan ini.

Juru bicara itu hanya mengatakan, "Investigasi mengenai serangan cyber canggih ini terus berlanjut".

Seperti diketahui sebelumnya, Sony Pictures dalam beberapa hari terakhir menjadi buah bibir di ranah internet pasca sistem komputer perusahaan diserang oleh kelompok hacker bernama Guardian of Peace (GOP). Selain itu, lima film terbaru yang belum dirilis juga bocor di internet.

Pasca serangan itu, beredar laporan bahwa alasan peretasan tersebut kemungkinan adalah respon atas film terbaru Sony, The Interview. Film ini berkisah tentang upaya pembunuhan pimpinan Korut, Kom Jong Un.

Di sisi lain, juru bicara Korut tidak memberikan penyangkalan atau pun pembenaran bahwa serangan cyber itu berasal dari negaranya. Juru bicara itu hanya mengatakan, "Pasukan musuh mengaitkan semuanya dengan DPRK (Korea Utara). Saya menyarankan Anda untuk menunggu dan lihatlah". (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini