Sukses

Xiaomi Mi 5 Bakal Adopsi Sensor Fingerprint Ultrasonik?

Kabarnya, sensor fingerprint tersebut langsung diciptakan Qualcomm. Mi 5 akan menjadi smartphone pertama yang akan kebagian fitur tersebut.

Liputan6.com, Beijing - Meski belum dirilis secara resmi, seri smartphone teranyar Xiaomi, Mi 5, dikabarkan akan mengusung segudang fitur canggih. Salah satunya adalah dengan menggunakan pemindai sidik jari (fingerprint) berteknologi ultrasonik dari Qualcomm.

Menurut informasi yang dilaporkan Phone Arena, Senin (5/10/2015), teknologi fingerprint ini diberi nama `ultrasound fingerprint recognition technology`. Diungkap lebih lanjut, Qualcomm menyematkan sensor ultrasonik di smartphone premium besutan vendor asal Tiongkok tersebut bukan hanya untuk tingkatan akurasi saja, tetapi juga membuat seri Mi 5 ini tidak perlu lagi menggunakan sensor kapasitif.

Nantinya, teknologi ini akan membuat sensor menciptakan sebuah image dan merekam pola sidik jari pengguna hingga ke ukuran mikro dari permukaan kulit dengan baik. Bahkan, jika jari tangan pengguna kotor sekalipun, sensor ini tetap bisa mengenalinya.

Namun sebenarnya sensor fingerprint ini sudah terpasang secara native di prosesor Snapdragon 820, sehingga smartphone yang nantinya akan menggunakan prosesor tersebut kemungkinan akan mendapatkan fitur fingerprint. Xiaomi Mi 5 pun dirumorkan akan menjadi smartphone pertama yang akan menggunakannya.

Satu fakta menarik yang terdapat dari teknologi sensor fingerprint ini adalah sensor tersebut bisa mengenali jari penggunanya lewat berbagai jenis material. Artinya, para vendor smartphone tidak perlu menciptakan sensor fingerprint dari bahan aluminium atau logam, namun bisa membuat dari material plastik atau kaca.

Sejauh ini Xiaomi Mi 5 digadang-gadang akan ditopang chipset Deca Core Helio X20 yang diproduksi MediaTek, informasi lain menyebutkan smartphone ini juga akan menggunakan prosesor Snapdragon 820 yang kabarnya akan dirilis pada akhir tahun.

Selain itu, Mi 5 memiliki RAM 3GB dan memori internal 16GB. Dalam posting-an terbaru di Weibo, tertulis bahwa Xiaomi Mi 5 akan hadir dengan layar qHD 5,2 inci yang dilapisi Gorilla Glass 4 bertepi 2,5 dimensi.

Di sektor lainnya, Xiaomi Mi 5 akan dilengkapi kamera belakang 16 megapiksel (MP), kamera depan 13MP, dan baterai berkapasitas 3000 mAh. Sementara untuk daya baterainya adalah 3500mAh. Soal harga, Mi 5 akan dibanderol US$ 371 atau sekitar Rp 4,9 jutaan.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini