Sukses

ECBook Evercoss Mudahkan Siswa Mengakses e-Book Sekolah

Aplikasi ECBook Evercoss memudahkan siswa untuk mengakses e-Book sekolah. Menariknya, ECBook juga menyediakan fitur edit.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan kemajuan teknologi, berbagai bidang kehidupan pun mulai mendapat sentuhan teknologi, tak terkecuali bidang pendidikan, yang sejak beberapa tahun ke belakang mulai mengenal istilah e-Book atau buku elektronik.

Dari namanya sudah bisa dipastikan bahwa buku ini bukanlah buku biasa yang terdiri dari puluhan atau ratusan halaman, yang dibalut dengan sampul.

Lazimnya, buku elektronik berbentuk file digital dengan ekstensi .pdf. Ekstensi ini paling banyak digunakan di Indonesia, sedangkan di luar negeri, buku elektronik juga tersedia dalam file berekstensi lain seperti .epub atau .djvu.

Tergerak untuk berpartisipasi secara nyata di bidang pendidikan, yang menjadi kunci penting dari ekonomi kreatif, Evercoss sebagai salah satu merek nasional terkemuka di Indonesia, menghadirkan aplikasi ECBook, yang sudah terpasang secara default di tablet teranyarnya Winner Tab S3.

Melalui aplikasi ini, para siswa mulai jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dapat mengunduh buku pelajaran secara gratis.

Dan ternyata, aplikasi ini juga tersedia di Google Play Store. Penasaran dengan aplikasi ini, tim Tekno Liputan6.com pun mencoba menjajalnya.



ECBook secara umum menyediakan tiga menu utama, yaitu 'Cari Buku', 'File Manager', dan 'Rak Buku'. Di menu 'Cari Buku', pengguna dapat mencari buku-buku pelajaran dari jenjang SD hingga SMA dan SMK yang tersedia secara cuma-cuma.



Sementara di menu 'File Manager', pengguna dapat mengakses kumpulan folder yang ada di smartphone milik pengguna. Dan ternyata, ECBook juga bisa digunakan untuk membaca e-Book berekstensi .pdf selain e-Book pelajaran yang diunduh.



Adapun menu 'Rak Buku' merupakan tempat di mana e-Book pelajaran telah diunduh oleh pengguna yang tersimpan secara rapi. Dengan demikian, pengguna akan dapat dengan mudah mencari e-Book yang ingin dibaca olehnya.



Menariknya, ECBook juga dilengkapi dengan fitur edit untuk menambahkan teks, menandai, atau mencorat-coret e-Book tersebut.

Ini akan berguna, misalnya, untuk menandai sampai halaman berapa materi yang sudah dipelajari di sekolah, atau untuk menandai pekerjaan rumah (PR).

Selamat mencoba!

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.