Sukses

Xiaomi Siap Rancang Prosesor Buatan Sendiri?

Xiaomi dikabarkan akan membuat prosesor sendiri, mengingat perusahaan asal Tiongkok ini sangat agresif dalam meluncurkan perangkat mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengurangi ketergantugan kepada Qualcomm, MediaTek, dan NVIDIA, perusahaan penyedia smartphone seperti Apple, Samsung, dan Huawei telah merancang prosesor buatan sendiri untuk memperkuat perangkat mobile mereka.

Mengikuti jejak ketiga vendor smartphone kenamaan tersebut, Xiaomi dikabarkan berencana akan membuat prosesor sendiri, mengingat perusahaan asal Tiongkok ini sangat agresif dalam meluncurkan perangkat mobile.

Menurut laporan dari ETK China, yang dikutip dari laman TalkAndroid, Senin (3/1/2015), Xiaomi tengah mempertimbangkan untuk memulai proyek ini (membuat prosesor), meskipun sampai ini belum dikonfirmasi.

Kabar ini sendiri bukan pertama kali terdengar. Pada Agustus 2015, salah satu startup paling bernilai di dunia ini dikabarkan bakal berkolaborasi dengan produsen chip senegaranya yaitu Leadcore.

Dlaporkan CN Beta, Xiaomi kemungkinan akan merilis prosesornya sendiri tersebut paling cepat pada awal 2016. Untuk tahap awal, prosesor itu hanya akan digunakan di perangkat low-end dari seri smartphone Redmi.

Popularitas Xiaomi sendiri kian menanjak di industri smartphone. Di negara asalnya, pada kuartal II 2015, Xiaomi berhasil menduduki posisi nomor satu. Perusahaan berhasil mendepak Apple, yang selama dua kuartal terakhir menguasai posisi tersebut.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini