Sukses

Menakjubkan, Ini Penampakan 2 Galaksi 'Melebur' Jadi Satu

Foto penampakan dua galaksi tersebut diabadikan oleh European Space Agency (ESA) lewat kamera teleskop Hubble

Liputan6.com, California - Pernahkah Anda berpikir apa yang akan terjadi jika dua galaksi saling 'bertabrakan'? Kedua galaksi tersebut justru tidak akan menciptakan sebuah kehancuran. Lantas, apa yang akan terjadi?

Baru-baru ini, European Space Agency (ESA) berhasil menangkap penampakan dua galaksi yang saling bertabrakan. Foto tersebut diabadikan lewat kamera Wide Field Planetary di teleskop Hubble.

Menurut yang dilansir Gizmodo, Rabu (6/1/2016), galaksi yang bernama 'NGC 6052' tersebut yang berada di jarak 230 juta tahun cahaya dari Bumi dan terletak di wilayah konstelasi Hercules.

Para pengamat menjelaskan NGC 6052 sebetulnya memiliki dua area galaksi yang berbeda. Oleh karena itu, keduanya perlahan ditarik oleh gravitasi yang berada di wilayah tersebut.

"NGC 6052 memiliki dua 'formasi'. Ketika keduanya melebur, maka lahirlah galaksi baru. Sebagaimana yang Anda lihat di gambar ini," jelas ilmuwan ESA yang tidak disebutkan namanya.

What Two Galaxies Look Like When They Merge Together As One
"Kedua galaksi ini memang mendekat satu sama lain dalam kurun waktu yang tidak ditentukan. Barulah sekarang 'bersatu' dan menjadi struktur yang lebih besar." lanjutnya.

Dari foto yang dilihat, galaksi NGC 6052 tampak begitu indah dengan formasi spiral bercahaya. Menurut ilmuwan ESA tersebut, pada akhirnya galaksi NGC 6052 baru itu akan menemukan bentuk stabilnya. Waktunya sendiri ia tidak ketahui kapan.

"Akan ada waktunya galaksi tersebut menemukan formasi tetapnya. Yang jelas NGC 6052 ini tak lagi merupakan dua formasi galaksi berbeda yang seperti kami teliti sebelumnya," tutupnya.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini