Sukses

PlayStation Network Sempat Down, Bos Sony Minta Maaf

Karena sempat mengalami down, semua gamer lintas konsol dari PlayStation 3 (PS3), PS4, serta PS Vita pun kena dampaknya.

Liputan6.com, Tokyo - Para gamer PlayStation sempat dibuat kewalahan di awal 2016 ini. Pasalnya, layanan online PlayStation Network sempat tidak bisa diakses dalam waktu yang terhitung cukup lama, yakni lebih dari tiga jam.

PlayStation Network (PSN) sendiri merupakan layanan layanan utama online PlayStation yang diprakarsai Sony Computer Entertainment (SCE). Dengan menggunakan layanan ini, para gamer bisa mengakses ke PlayStation Store, serta fitur lainnya.

Karena sempat mengalami down, semua gamer lintas konsol dari PlayStation 3 (PS3), PS4, serta PS Vita pun kena dampaknya.

"Saat ini kami sedang dalam tahap pemeliharaan (maintenance) dan Anda mungkin mengalami masalah untuk saat ini. Kami menghargai kesabaran Anda," tulis SCE melalui laman support PlayStation.

Sayangnya, sebagaimana tim Tekno Liputan6.com kutip dari Forbes, Kamis (6/1/2016), SCE justru tidak membeberkan alasan terkait mengapa jaringan PSN bisa lumpuh total. Namun beberapa jam kemudian, layanan online tersebut bisa berjalan kembali dengan normal.

Menanggapi hal ini, President of SCE Worldwide Studios, Shuhei Yoshida langsung meminta maaf kepada seluruh gamer PlayStation melalui Twitter-nya, yosp.

"PSN sudah kembali online. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terimakasih atas kesabarannya," ujar Yoshida di Twitter.

Belum jelas seperti apa penyebab lumpuhnya PSN kali ini, entah serangan hacker seperti yang terjadi akhir Desember 2015 lalu atau memang karena isu maintenance semata.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.