Sukses

Bocoran Smartwatch Nokia Beredar di Internet

Bocoran enam prototype smartwatch yang bernama Moonraker itu beredar di Weibo, jejaring sosial microblogging Tiongkok.

Liputan6.com, Beijing - Di antara banyaknya perangkat smartwatch yang dipasarkan, Nokia rupanya sempat berencana untuk merilis smartwatch andalannya yang dijuluki 'Moonraker'.

Ya, jauh sebelum bisnis perangkatnya dibeli Microsoft, perusahaan asal Finlandia tersebut sudah memiliki beberapa proyek yang tengah dikembangkan, termasuk merilis smartwatch bersamaan dengan Lumia 930.

Meski Nokia sangat menutup proyek pengembangan smartwatch-nya ini, rupanya sudah lebih dulu beredar bocoran enam prototype Moonraker dari sebuah sumber di Weibo, jejaring sosial microblogging Tiongkok.

Menurut yang tim Tekno Liputan6.com kutip dari laman Wareable, Kamis (7/1/2015), berdasarkan dari bocoran yang beredar, Moonraker memiliki desain persegi dengan varian warna cerah khas Lumia. Gambar lain memperlihatkan bagian belakang Moonraker yang memiliki pin untuk mengecas smartwatch.

Moonraker dikabarkan kompatibel dengan sistem operasi apa saja. Dengan kata lain, meski smartwatch tersebut (seharusnya) dirilis bersama Lumia 930, namun bisa digunakan lintas OS dari iOS sampai Android.

Sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa Moonraker mendukung fitur notifikasi email, pesan masuk dan panggilan telepon. Selain itu, smartwatch ini juga disokong dengan fitur accelerometer agar bisa mendeteksi gerakan ketika sedang melangkah.


Sayang sekali, perilisan Moonraker harus dibatalkan. Microsoft juga tidak membeberkan alasan mengapa mereka tidak menghadirkan smartwatch tersebut ke pasaran. Alih-alih memboyong Moonraker, pihak Microsoft justru merilis Microsoft Band pada November 2014 lalu pasca Nokia diakuisisi olehnya.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini