Sukses

Ikuti Twitter, Weibo Bakal Tambah Batasan Karakter

Weibo berencana untuk menambah jumlah karakter post sampai 2 ribu karakter

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun ini, pengguna Twitter mendapat kabar gembira sebab situs microblogging tersebut berencana untuk menambah jumlah karakter kicauan. Langkah Twitter tersebut ternyata secara tak langsung memengaruhi Weibo untuk melakukan hal serupa.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Jumat (22/1/2016), media sosial yang sering disebut sebagai 'Twitter-nya Tiongkok' tersebut juga akan menambah jumlah karakter tulisan pengguna. Jika sebelumnya, pengguna Weibo hanya dapat menulis 140 karakter aksara Tiongkok, kali ini pengguna diberi keleluasaan sampai 2 ribu karakter.

Rencananya, uji coba kemampuan baru ini akan mulai digulirkan pada 28 Januari. Setelah uji coba, baru kemudian pembaruan fitur ini akan hadir untuk 500 juta pengguna Weibo.

Hanya saja dijelaskan lebih lanjut, bahwa secara kasat mata kemampuan ini tidak begitu kelihatan. Sebab, informasi post tetap terlihat sebagai 140 karakter, namun pengguna sudah dapat menulis sampai 2 ribu karakter. 

Kendati demikian, nyatanya fitur ini belum dianggap penting bagi sebagian pengguna Weibo. Sebab, berdasarkan data dari Weibo sendiri, hanya ada 10 persen pengguna dengan post yang melebihi 120 karakter aksara Tiongkok.

Meskipun demikian, Weibo tetap memilih menghadirkan fitur ini untuk menawarkan pilihan dan pengalaman bagi pengguna yang lebih baik. Pembaruan ini rencananya akan menyasar anggota VIP terlebih dahulu, baru kemudian untuk publik yang lebih luas dari 28 Februari.

Sementara itu, Twitter sendiri juga dikabarkan siap menambah jumlah karakter kicauan sampai 10 ribu pada Maret 2016. Rencana fitur ini disebut sudah dipersiapkan sejak September 2015. Namun, pihak Twitter baru saja mengungkap rencana tersebut pada tahun ini.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.