Sukses

Facebook Hadirkan Reactions di Seluruh Dunia

Untuk pertama kalinya, pengguna Facebook akan dapat menyampaikan respon pada unggahan seorang teman tidak hanya dengan tanda Like.

Liputan6.com, California - Setelah lebih dari setahun mengembangkan tombol "Like", kini Facebook menghadirkan tombol "Reactions". Untuk pertama kalinya, pengguna Facebook akan dapat menyampaikan respons pada unggahan seorang teman tidak hanya dengan tanda "Like".

Reactions yang ditampilkan oleh Facebook berupa lima emoji baru yang dapat digunakan sesuai dengan suasana hati penggunanya.

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Kamis (25/2/2016), Reactions muncul jika pengguna Facebook menekan tombol Like agak lama dan Anda akan menemukan emoji "Love", "Haha", "Wow", "Sad", dan "Angry". Selanjutnya, unggahan akan memperlihatkan respon apa saja yang didapatkan dari teman-teman.

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Facebook tidak menambahkan tombol "Dislike" pada pembaruan fiturnya meski sebagian pengguna telah lama menginginkannya.

Facebook menganggap kehadiran berbagai emoji baru pada Reactions sudah cukup populer bagi pengguna di Spanyol dan Irlandia yang kini sedang mencoba fitur tersebut. Selain itu, Facebook menyebutkan bahwa Reactions sudah hadir pada perangkat iOS, Android, dan juga web.

Perjalanan panjang mengenai kehadiran Reactions bermula ketika CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara kepada tim News Feed bahwa sudah waktunya Like ditambah dengan sesuatu yang lebih menyenangkan.

"Semua orang pasti punya satu dua unggahan yang disukainya pada News Feed. Begitu pula dengan saya yang menganggap bahwa Like tidak lagi dapat mewakili seluruh suasana hati," kata Director of Engineering News Feed Facebook Tom Alison.

Alison menambahkan, ketika dilakukan percobaan di Spanyol dan Irlandia, dua emoji dipangkas dari daftar yakni "Yay" dan "Confused". Sebab, pengguna terlihat tidak antusias menggunakan kedua emoji tersebut.

Kini, fitur tersebut dihadirkan karena pengguna Facebook di Spanyol dan Irlandia menyukai emoji-emoji yang ada pada Reactions. "Sangat penting bagi tim Facebook, untuk memastikan bahwa Reactions memiliki arti yang sama di seluruh dunia," ujar Alison.

facebook reactions

Alison memastikan, meskipun Reactions sudah resmi hadir, tampilan yang terdapat di laman Facebook tetap menunjukkan Like saja. "Sisanya tersembunyi dan akan tampak ketika pengguna menekan tombol Like cukup lama," imbuhnya.

Ia menambahkan, pada desktop web, pengguna dapat mengaksesnya dengan melayangkan kursor pada tombol Like. Untuk membantu penggunanya menemukan Reactions, Facebook akan menghadirkan pop up berisi tips dalam aplikasi untuk menunjukkan bagaimana Reactions dapat digunakan.

"Dibandingkan dengan memberitahu berapa orang pengguna yang menyukai sebuah unggahan, perusahaan lebih senang menunjukkan ke si pengguna, berapa banyak orang yang memberikan respon atas unggahan tersebut. Lebih sederhana," kata Facebook.

Mark Zuckerberg sendiri melalui akun Facebook-nya memperkenalkan kehadiran Reactions di seluruh dunia. "Hari ini kami meluncurkan Reactions, tombol Like dengan lebih banyak emoji untuk mengekspresikan suasana hati Anda..."

Today is our worldwide launch of Reactions -- the new Like button with more ways to express yourself. Not every moment...

Posted by Mark Zuckerberg on Wednesday, February 24, 2016

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini