Sukses

Mau VoLTE di Garut dan Tasikmalaya? Smartfren Bisa!

Tim Tekno Liputan6.com mendapat kesempatan untuk merasakan cara baru berkomunikasi menggunakan Voice over LTE atau VoLTE Smartfren

Liputan6.com, Garut - Kamis (25/2/2016) kemarin, tim Tekno Liputan6.com mendapat kesempatan untuk merasakan cara baru berkomunikasi: Voice over LTE atau VoLTE. VoLTE merupakan layanan suara yang lebih jernih tanpa noise dibandingkan dengan layanan panggilan voice biasa.

Namun perlu diperhatikan, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menikmati VoLTE. "Baik dari segi jaringan, SIM card, maupun device, harus sudah mendukung VoLTE," ujar Hartadi Novianto, Mass Product Department Head PT Smartfren Telecom, di Garut, Rabu (24/2/2016) malam.

Sejauh ini, dari segi jaringan dan SIM card, baru Smartfren yang sudah mendukung VoLTE. Tapi dari segi device, selain seri Andromax generasi kedua -- Andromax E2 dan R2 -- yang baru saja diluncurkan secara bundling oleh Smartfren, device dari vendor lain pun sudah ada yang mendukung VoLTE.

Menariknya, VoLTE yang ditawarkan oleh Smartfren bersifat native atau bawaan. Sebab, pengguna dapat menikmati VoLTE langsung dari default dialer tanpa 'menumpang' di aplikasi pihak ketiga seperti yang ada pada aplikasi Voice over Internet Protocol (VoIP) semisal Skype, WhatsApp, Line, Kakao, Tango, dan Viber.

Menurut pengalaman Tekno Liputan6.com, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Munir SP, VP Special Project Network PT Smartfren Telecom, setup call di VoLTE berlangsung lebih cepat dari setup call di panggilan voice konvensional. Kemudian saat kami mulai terhubung dengan lawan bicara kami -- yang juga menggunakan VoLTE, tentunya --, terdapat tulisan HD (High Definition, definisi tinggi) di jendela VoLTE yang sedang berlangsung. Hal ini menandakan jernihnya kualitas suara VoLTE. Lantas, benarkah kualitas suaranya jernih? Jawabnya, ya. Kualitas suara VoLTE memang jernih, bukan klaim semata. Mau VoLTE di Garut dan Tasikmalaya? Smartfren Bisa! (liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat)
Kemudian, saat dijajal untuk mencoba layanan Video over LTE -- semacam video call di Skype, tapi tanpa menumpang aplikasi apa pun, melainkan langsung di jaringan 4G LTE -- pengalaman serupa dengan VoLTE pun kami rasakan, seperti setup call yang cepat dan suara berdefinisi tinggi. Namun sayangnya, untuk kualitas video, kami masih belum terlalu puas terhadap resolusi video yang ditampilkan karena masih sedikit pecah. Tapi pergerakan kami lawan bicara kami di Video over LTE ini sudah memuaskan, tidak patah-patah.

Adapun catatan terakhir yang sangat perlu diketahui, VoLTE hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang sama-sama sudah memenuhi syarat tersebut di atas: Baik dari segi jaringan, SIM card, maupun device, harus sudah mendukung VoLTE.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini