Sukses

Jokowi Unggah Foto Tonton Gerhana Matahari Total ke Instagram

Tidak ingin ketinggalan, Presiden Joko Widodo menikmati Gerhana Matahari Total di Istana Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah hiruk pikuk masyarakat menyaksikan fenomena gerhana matahari total di berbagai kota di Indonesia, Presiden Joko Widodo menikmati kejadian langka tersebut di Istana Bogor.

Melalui akun Instagram resminya, @jokowi, mantan orang nomor satu di Jakarta itu menyaksikan gerhana matahari total mengenakan kemeja putih dengan sarung biru bermotif kotak-kotak. Tidak lupa, Presiden juga mengenakan kacamata khusus.

Suami Iriana ini tampak berdiri di depan bangunan Istana Bogor sembari menatap matahari yang berwarna jingga. Dalam foto yang diunggahnya, ayah tiga anak ini tidak ditemani oleh ajudan maupun keluarganya.

Pada bagian keterangan (caption) foto, presiden menyelipkan kata-kata "Menyaksikan gerhana matahari dari halaman Istana Bogor. Fenomena alam yang luar biasa. Inilah tanda-tanda kekuasaan Allah, kebesaran Allah."

Kontan unggahan tersebut 'dibanjiri' tanda 'love' dari para pengguna Instagram. Selain itu, berbagai tanggapan positif dari rakyat Indonesia juga 'membludak' di kolom komentar unggahan orang nomor satu di negeri ini. Di antaranya adalah komentar dari pemilik akun raniradylla yang menuliskan, "Sehat selalu ya pak Jokowi, I proud to have you Mr President".

Kemudian komentar lainnya dari akun mom_pepito mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk selalu bersyukur. "Pak presiden, diizinkan nafas saja sudah kekuasaan Allah, jadi harus selalu bersyukur," tulisnya.

Sebagai informasi, gerhana matahari total merupakan kejadian alam langka yang diperkirakan hanya terjadi dalam kurun waktu tertentu. Indonesia, sebelumnya pernah mengalami fenomena yang menggabungkan matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis lurus tersebut pada 1983 silam.

Tidak seperti saat ini, kala itu masyarakat Indonesia dilarang melihat langsung gerhana matahari total karena dikabarkan menyebabkan kebutaan.


(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.