Sukses

Apple Bakal Hadirkan Konsep iPhone Baru di Tahun Depan?

Apple disebut akan hadirkan iPhone seri terbaru memakai layar AMOLED pada 2017 mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan mengubah jajaran iPhone besutannya mulai tahun depan. Informasi ini pertama kali diketahui dari analis Apple, Ming-Chi Kuo, beberapa waktu lalu.

Mengutip informasi dari laman Venture Beat, Senin (28/3/2016), Kuo memperkirakan Apple akan merilis iPhone yang dibalut kaca pada bagian atas dan bawah. Sementara itu, untuk layarnya sendiri akan menggunakan jenis AMOLED dengan fitur pengisian daya nirkabel.

Selain itu, untuk iPhone terbaru tersebut, Apple dikabarkan akan menggunakan desain dengan layar lengkung. Hal ini disebut akan membuat iPhone seri terbaru nanti memiliki desain layaknya Samsung Galaxy Edge.

Di sisi lain, Kuo tak menutup kemungkinan ada dua skenario yang akan dilakukan Apple pada iPhone di tahun depan. Skenario pertama adalah Apple akan merilis iPhone 4,7 inci dengan layar TFT LCD atau iPhone 5,8 inci dengan layar AMOLED.

Sementara skenario kedua adalah Apple tetap akan merilis dua varian iPhone tersebut ditambah dengan iPhone 5,5 inci berlayar TFT LCD.

Namun, Kuo menuturkan jika jumlah panel AMOLED mencukupi, tidak mungkin skenario pertama akan lebih dipilih Apple. Bahkan, tak tertutup kemungkinan iPhone berlayar 5,8 inci dengan layar AMOLED akan menggantikan layar 5,5 inci dengan TFT LCD.

Kabar Apple yang berencana untuk menggunakan layar AMOLED memang sudah diketahui sejak lama. Berdasarkan informasi dari Nikkei awal tahun ini, Apple disebut telah melakukan pendekatan dengan LG dan Samsung yang dikenal sebagai produsen layar AMOLED. Bahkan, keduanya sudah memiliki kesepakatan dengan nilai mencapai US$ 12 miliar atau setara dengan Rp 157 triliun.

Untuk itu, jika prediksi Kuo ini benar, beberapa analis berpendapat Apple baru akan melakukan perubahan di jajaran iPhone pada tahun depan. Bahkan, iPhone 7 yang dikabarkan rilis pada pertengahan tahun ini mungkin tak banyak memiliki perubahan dengan seri sebelumnya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini