Sukses

Samsung Patenkan Lensa Kontak Pintar dengan Kamera

Konsep lensa kontak pintar sebetulnya sudah lebih dulu tergagas di perangkat eyewar Google Glass.

Liputan6.com, Seoul - Samsung telah mematenkan lensa kontak pintar dengan kamera kecil serta dilengkapi teknologi Augmented Reality (AR). Nantinya, lensa kontak tersebut juga akan disokong sensor yang akan dihubungkan langsung ke perangkat smartphone.

Seperti dikutip dari laman SamMobile dari Mashable, Kamis (7/4/2016), raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut memang telah mengembangkan lensa kontak pintar ini sejak lama.

Tujuannya, mereka ingin menciptakan pengalaman AR lebih realistis yang sebelumnya pernah terimplementasikan di perangkat eyewear Google Glass.

Sama halnya seperti Google Glass, lensa kontak pintar ini membuat penggunanya bisa menjepret foto dengan mudah, yaitu hanya dengan mengedipkan mata. Bahkan, nantinya juga akan ada software khusus yang akan menghadirkan pengaturan khusus untuk lensa kontak pintar tersebut.

Samsung memang bukan satu-satunya perusahaan yang tengah berfokus ke pengembangan lensa kontak pintar. Pada 2014 di saat yang bersamaan kala Samsung menggagas konsep lensa kontak pintar, Google juga lebih dulu mematenkan lensa kontak pintar dengan teknologi yang bisa 'membaca' kadar gula darah penggunanya.

Meski sudah mematenkan perangkat canggihnya, belum bisa dipastikan apakah lensa kontak pintar ini akan dijual ke pasaran.

Yang jelas, lensa kontak pintar besutan Samsung itu masih dalam tahap uji coba dan pengembangan lebih lanjut sebelum benar-benar diproses ke tahap prototype.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini