Sukses

Microsoft Incar Bos Qualcomm Untuk Jadi CEO

Steve Mollenkopf, yang saat ini menjabat sebagai Chief Operating Officer Qualcomm disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Steve Ballmer.

Microsoft sempat disebut-sebut telah menyisakan dua nama kandidat kuat pengganti CEO Steve Ballmer. Keduanya adalah Tony Bates yang juga kandidat internal Microsoft dan CEO Nokia Stephen Elop.

Kali ini beredar calon nama baru di luar kedua nama tersebut. Adalah Steve Mollenkopf, yang saat ini menjabat sebagai Chief Operating Officer Qualcomm yang disebut sebagai calon pengganti Steve Ballmer.

Kepada Bloomberg, salah seorang sumber terdekat perusahaan mengatakan bahwa munculnya nama Mollenkopf tidak terlepas dari pertimbangan serius yang melibatkan anggota direksi. Selama ini nama pria berusia 44 tahun itu dirasa sudah cukup familiar dengan industri teknologi.

Sebelum menduduki jabatan sebagai orang nomor dua Qualcomm, Mollenkopf sempat mengisi beberapa jabatan mulai dari Head Division, Business Operations, hingga Market Expansion and Development Areas.

Bergabungnya Mollenkopf sebagai orang nomor satu Microsoft nantinya diprediksi mampu membawa Microsoft bersaing makin ketat dalam industri ponsel pintar dunia. Mengingat ia sudah memiliki cukup pengalaman terutama dalam industri chipset untuk ponsel pintar.

Menurut Cnet yang dikutip Jumat (13/12/2013), dewan direksi telah menyusutkan nama calon pengganti Steve Ballmer yang mencapai 40 dari pihak internal dan eksternal. Sejumlah nama seperti Stephen Elop, Satya Nadella, hingga Alan Mulally pun diprediksi akan mengisi jabatan tertinggi perusahaan asal Remond, Washington nantinya.

Dengan munculnya nama Steve Mollenkopf seakan menjadi pilihan baru setelah sebelumnya calon lain yakni CEO Ford Allan Mullaly menampik kabar dirinya akan berganti haluan dari menekuni industri otomotif ke bidang teknologi. Kepada Bloomberg, Alan sempat menyatakan dirinya masih akan bertahan untuk Ford setidaknya hingga akhir tahun 2014. (vin/dew)


Baca juga:
Bos Ford Tak Tertarik `Pinangan` Microsoft
Bos Ford Paling Berpeluang Jadi CEO Anyar Microsoft?
Microsoft Sisakan Dua Nama Calon CEO Baru
Dewan Direksi Microsoft Gelar Pertemuan, Tentukan CEO Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.