Sukses

Sony Siap Luncurkan Smartphone Windows Phone?

Rumor menyebut bahwa loyalitas Sony kepada 'robot hijau' mulai luntur. Sony disinyalir sedang menyiapkan smartphone berbasis Windows Phone.

Sony telah menjadi salah satu vendor yang loyal kepada sistem operasi mobile buatan Google, Android. Akan tetapi, sebuah rumor yang beredar menyebut bahwa loyalitas Sony kepada 'robot hijau' mulai luntur.

Lunturnya loyalitas Sony terlihat dari rencananya membuat smartphone yang akan berjalan di atas platform Windows Phone. Sony mungkin saja ingin membuat diversifikasi pada lini produk mobile buatannya. Sebab, smartphone Xperia yang telah meluncur di bawah bendera Sony Mobile Communication semuanya menggunakan sistem operasi Android.

Melansir kabar yang diungkap laman The Verge seperti ditulis Kamis (2/1/2013), smartphone berbasis Windows Phone dari Sony itu dirumorkan akan berada di bawah bendera lini Vaio. Brand itu sebelumnya telah dikenal sebagai merek notebook kelas menengah atas dari Sony.

Membelotnya Sony ke garis Microsoft disebutkan karena persaingan yang sangat ketat di pasar ponsel pintar dengan Android. Perusahaan asal Jepang itu melihat pasar smartphone berbasis Windows Phone tengah berkembang dengan sedikit pemain.

Platform mobile Microsoft itu memang hanya dipakai segelintir kecil vendor smartphone. Nokia hingga saat ini bercokol jadi penguasa pasar smartphone berbasis Windows Phone dengan dorongan ponsel kelas bawah.

Peluang besar yang ada di pasar platform dengan Metro UI itu menjadi magnet besar yang menarik Sony. Padahal, Microsoft sebagai pembuat platform keluarga Windows sebentar lagi akan ikut masuk di pasar hardware dengan membeli Nokia.

Akan tetapi, perkawinan antara smartphone Sony dan platform mobile Microsoft masih belum final. Mereka bisa saja tak jadi bekerjasama bila keduanya tidak sepakat dalam beberapa hal seperti biaya lisensi, software terpasang, dan topik lainnya.

Sebelumnya, Sony diketahui pernah membuat prototipe Windows Phone yang disebut 'Julie' saat masih bersama Ericsson. Namun, kabar pengembangan produk tersebut tidak lagi terdengar pasca Sony dan Ericsson berpisah. (den/dew)


Baca juga:
Awal 2014, Sony Bakal Rilis Dua Smartphone High-end
Pakai Custom ROM, Ponsel Xperia Tipo Bisa Cicipi Android KitKat
Survei Membuktikan, PS4 Lebih Memuaskan Dibanding Xbox One


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.