Sukses

Layanan Musik Streaming Mulai `Bunuh` Toko Musik Digital

Salah satu layanan musik streaming terpopuler, Spotify, dilaporkan mengalami peningkatan jumlah pengguna cukup signifikan.

Di tahun 2003, dirilisnya iTunes oleh Apple membangkitkan gairah industri toko musik digital dan mampu menangkal pembajakan intelektual di industri musik. Namun kini popularitas toko musik digital dilaporkan telah mulai meluntur.

Berdasarkan data yang dirilis perusahaan riset Nielsen, penjualan lagu digital di Amerika Serikat mengalami penurunan sebesar 5,7% dari USD 1,34 miliar menjadi 1,26 miliar di akhir tahun 2013 kemarin. Penurunan ini sendiri diyakini disebabkan oleh semakin pesatnya pertumbuhan ekosistem layanan musik streaming berbasis internet.

Laman Financial Times, Senin (6/1/2014), melansir di sepanjang tahun 2013 jumlah pengakses layanan musik streaming dan video naik 24% dibanding tahun 2012 silam menjadi 50 juta pengakses.

Salah satu layanan musik streaming terpopuler, Spotify, dilaporkan mengalami peningkatan jumlah pengguna cukup signifikan. Diperkirakan dalam 12 bulan terakhir mereka mendapatkan lebih dari enam juta pelanggan berbayar baru dan diakses lebih dari 24 juta pengguna aktif.

Sementara itu Presiden Music Business Association (MBA) Jim Donio mengatakan bahwa pihaknya berharap untuk ke depannya akan ada regulasi yang lebih jelas terkait sektor bisnis layanan musik streaming. Pasalnya menurut Donio model bisnis toko musik digital dan layanan musik streaming tidaklah jauh berbeda.

Pengguna dibebani pengurangan kuota data internet ketika memanfaatkan layanan musik streaming. Hal ini dianggap tidak jauh berbeda dengan membayarkan sejumlah uang untuk membeli sebuah file musik digital.

“Ketika Anda berbicara soal penjualan serta konsumsi musik, Anda harus berlandaskan fakta bahwa seseorang membayar untuk berlangganan layanan musik, dan itu sama saja dengan sebuah penjualan konten musik," jelas Donio.

Lebih lanjut Donio menjelaskan, pihaknya saat ini sedang mempelajari secara lebih mendalam terkait dampak menjamurnya layanan musik streaming terhadap industri musik secara keseluruhan. (dhi)


Baca juga:
Asyik, Winamp Ternyata Tak Jadi 'Dimatikan'
Google Play Music Resmi Mendarat di iOS
Baru Rilis iTunes Radio, Nokia Ledek Apple Ketinggalan Zaman
Google Play Music All Access Vs Apple iRadio, Siapa Lebih Unggul?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini