Sukses

Keren, Intel Kembangkan Komputer Sebesar SD Card

CEO Intel Brian Krzanich secara resmi mengumumkan hadirnya Edison, sebuah komputer miniatur yang hanya seukuran sebuah SD Card.

Perusahaan pembuat prosesor Intel tak mau kehilangan momen penting di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2014 yang digelar di Las Vegas. Intel memanfaatkan ajang itu untuk memperkenalkan sebuah inovasi baru di ranah komputer dan chipset.

CEO Intel Brian Krzanich secara resmi mengumumkan hadirnya Edison, sebuah komputer miniatur yang hanya seukuran sebuah SD Card. Edison dibuat menggunakan teknologi Intel Quark SoC, dilengkapi dengan CPU dual-core dengan proses fabrikasi 22nm.

Intel mengaku akan menerapkan produk anyarnya ini demi mendukung perkembangan 'wearable technology'. Salah satu contoh yang ditampilkan Intel pada acara tersebut adalah alat bernama Nursery 2.0 yang ditenagai Edison. Nursery 2.0 berwujud mainan kodok yang bisa melaporkan kondisi seorang bayi melalui gelas kopi LED.

Dalam presentasinya Krzanich memperlihatkan ketika bayi yang dipasangkan Nursery 2.0 menangis, maka Edison akan secara otomatis memerintahkan penghangat susu untuk menghangatkan susu si bayi.

Intel menantang para developer untuk memanfaatkan Edison dalam produknya. Agar developer lebih termotivasi, Intel mengadakan kontes inovasi menggunakan Edison dengan hadiah USD 500 ribu bagi pemenang dan total hadiah mencapai USD 1,3 juta.

Rasanya akan sangat menarik melihat hasil kompetisi itu dan mengetahui apa yang bisa dilakukan para developer dengan konsep 'wearable technology' seperti yang diperkenalkan pada Intel Edison.

Belum ada informasi detil spesifikasi dari komputer mini Edison ini. Dikutip dari Engadget, produk inovatif ini diperkirakan akan diluncurkan Intel pada pertengahan tahun 2014 ini. (den/dew)


Baca juga :
CEO Intel Janjikan Pamer Smartwatch di CES 2014
Ternyata, Intel Lebih Dulu Ciptakan `IPAD`
Tablet Hibrid Dual Platform Dari Asus Unjuk Gigi di CES

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.