Sukses

April, Microsoft Perkenalkan Fitur Pesaing Siri dan Google Now

sejumlah analis meperkirakan Microsoft akan mengumumkan kehadiran update Windows Phone 8.1 pada bulan April 2014.

Apa kekurangan Windows Phone dibandingkan dua raja sistem operasi mobile, iOS dan Android? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah tidak tersedianya fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara di platform mobile besutan Microsoft tersebut.

Jika iOS memiliki Siri dan Android telah mendukung fitur Google Now, maka hingga kini Windows Phone 8 memang belum dipersenjatai fitur inovatif tersebut. Akan tetapi menurut sejumlah rumor yang beredar, fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara diprediksi akan tersedia di update sistem operasi Windows 8.1.

Menurut yang dilansir laman Softpedia, Jumat (17/1/2014), sejumlah analis meperkirakan Microsoft akan mengumumkan kehadiran Windows Phone 8.1 pada bulan April 2014. Bersamaan dengan momen itu, akan diperkenalkan pula fitur voice assistant pesaing Siri dan Google Now yang akan diberi nama 'Cortana'.

Fitur Cortana sendiri sebenarnya sudah bocor pada publik sejak akhir 2013 lalu. Cortana merupakan teknologi yang memiliki kemampuan belajar, beradaptasi, dan mengandalkan mesin-belajar yang ditenagai mesin pencari berbasis internet, Bing.

Cortana juga dikabarkan bukan sekedar aplikasi yang memungkinkan perangkat dengan pemilik saling berinteraksi. Lebih dari itu Cortana memungkinkan pengguna berinteraksi secara alami menggunakan perintah suara, layaknya berinteraksi dengan asisten sungguhan.

Tak tanggung-tanggung, Micorosoft dikabarkan juga berencana menghadirkan Cortana pada jajaran perangkat besutannya termasuk Windows Phone, Windows dan Xbox One. (dhi)

Baca juga:
Windows Phone 8.1 Dirilis Awal Tahun 2014?
Saingi Siri, Microsoft Kembangkan Asisten Pribadi Cortana
Windows Phone 8.1 Sedang Diuji Coba Secara Internal?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.