Sukses

Analis: Penjualan iPhone Lampaui 50 Juta unit

Pertumbuhan penjualan iPhone besutan Apple meningkat hingga 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sejak resmi meluncurkan dua smartphone generasi terbaru, Apple merasa optimis dapat menorehkan angka penjualan yang impresif. Hal tersebut ternyata bukan sekedar isapan jempol, pasalnya iPhone 5S dan 5C terbukti memang sukses memberikan pengaruh besar bagi angka penjualan Apple.

Dalam laporan penjualan per kuartal yang melibatkan 44 analis yang terdiri dari 27 analis profesional dan 17 analis indepen, terlihat bahwa pertumbuhan penjualan iPhone besutan Apple meningkat hingga 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hingga akhir kuartal lalu, Apple tercatat berhasil menjual 55,3 juta unit iPhone di seluruh dunia.

Mengutip laman Fortune, Selasa (21/1/2014), sejumlah analis independen yang terlibat rata-rata memprediksi Apple berhasil memasarkan sekitar 57,1 juta unit iPhone pada kuartal lalu. Jumlah tersebut 3 juta lebih banyak dibandingkan prediksi analis profesional.

Angka penjualan yang ditorehkan Apple kali ini belum termasuk jumlah penjualan iPhone 5S dan 5C yang dipasarkan melalui kerjasama dengan China Mobile.



Salah seorang analis profesional, Faizal Kara dari Braeburn Group memprediksi perusahaan asal Cupertino itu dalam laporannya nanti berhasil memasarkan 59.730.000 unit iPhone. Namun Ilari Scheinin dari grup yang sama justru memprediksi jika dalam laporan terbaru nanti, Apple hanya berhasil menjual maksimal 50 juta iPhone.

Senada dengan dua analis profesional di atas, Peter Misek dari lembaga riset Jefferies menyebut jika laporan terbaru yang akan dirilis Senin nanti menunjukkan performa Apple yang berhasil menjual sekitar 55 juta unit iPhone.

Tahun lalu, Apple melaporkan sukses menjual sekitar 47,79 juta iPhone. Namun kali ini hasmpir seluruh prediksi analis menunjukkan peningkatan jumlah penjualan iPhone yang cukup signikan berkat kehadiran dua seri smartphone terbaru Apple. (vin/dhi)

Baca juga
Dua iPhone Berlayar Besar Meluncur Juni 2014?
iWatch Akan Pakai Layar Lengkung LG?
Apple Sesumbar Bakal Jual 90 Juta Unit iPad Tahun Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.