Sukses

Aplikasi Android Berjalan di BB10, Resikonya?

BlackBerry menjamin software QNX yang ada di BB10 dijamin akan melindungi data dan sistem operasi dari segala ancaman.

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, BlackBerry sedang mempersiapkan versi terbaru dari sistem operasi BlackBerry 10 alias BB10 OS. Platform baru versi BB 10.2.1 disebutkan akan membuat penggunanya bisa menjalankan sejumlah aplikasi berbasis Android.

Ardo Fadhola, Senior Country Product Manager BlackBerry Indonesia mengaku bahwa fitur ini akan membuat penggunanya bisa langsung mencicipi aplikasi terbaru yang sedang ramai di kalangan pengguna Android secara lebih mudah.

"Pengguna perangkat berbasis BB10 nantinya bisa nikmati aplikasi Android di handset-nya tanpa perlu melakukan porting. Sumber aplikasinya juga bisa dari berbagai macam, BB World, situs atau link, dan fasilitas top new apps Android," ungkap Ardo kepada tim Tekno Liputan6.com.

Kemampuan baru yang ada di versi terbaru sistem operasi BB10 ini dikhawatirkan sebagian orang akan mengganggu perangkatnya. Selain itu, mereka menilai aplikasi Android yang diambil dari situs tak resmi kemungkinan berisi virus atau bug yang bisa merusak ponsel.

"Secara bawaan handset akan menolak aplikasi yang bukan bersumber dari BB World dan memberikan peringatan kepada pengguna. Tapi kalau yakin mau instal, peringatan itu bisa diabaikan," imbuhnya.

Tak hanya itu, pihak BlackBerry mengaku bahwa keamanan perangkat tetap menjadi fokus dan prioritas utama perusahannya. Ardo menjamin bahwa jenis aplikasi yang berisi bug ataupun virus tak akan mampu mengakses platform kuat mereka yang dilindungi sistem kemanan QNX.

"Aplikasi untuk Android yang berjalan di BB10 pastinya aman. Software QNX yang ada di BB10 akan melindungi data dan sistem operasi dari segala ancaman. Lapisan QNX sudah banyak dipakai lembaga rahasia dan antariksa, seperti NASA," ungkap Ardo lagi.

Meskipun diklaim dapat menjalankan semua aplikasi Android, Ardo menjelaskan bahwa masih ada kemungkinan aplikasi Android yang berjalan di handset BB10 beroperasi secara tak optimal. "Layar dan spesifikasinya kan berbeda, terlebih di Q5 dan Q10, mungkin bisa jalan tapi gak optimal," lanjut Ardho. (den/dhi)

Baca juga :
80 Ribu Handset BlackBerry Akan Perkuat Sistem Keamanan Pentagon
BlackBerry 10 Dipastikan Bisa Jalankan Semua Aplikasi Android
Sebar Undangan, BlackBerry Rilis Update OS 10.2.1
BlackBerry Siapkan Update Besar-besaran untuk BB10

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini