Sukses

Android Makin Berkuasa, Samsung Mulai Tak Berdaya!

Pertumbuhan pangsa pasar Android disebabkan semakin banyaknya vendor ponsel yang mengadopsinya. Namun itu malah membuat Samsung tertekan.

Tahun 2013 telah berlalu. Namun demikian, berbagai perusahaan maupun lembaga riset tetap membuka lembaran tahun lalu demi mengungkap data penjualan ataupun tren yang terjadi sepanjang tahun 2013.

Lembaga analisa Kantar salah satu yang sudah melaporkan hasil risetnya. Perusahaan itu mengungkap laporan berkala yang berisi tren smartphone di berbagai belahan dunia.

Dari laporan itu terlihat Android masih tumbuh dengan menguasai 69,5% pangsa pasar smartphone global. Posisi berikutnya diisi oleh iOS dari Apple yang menguasai 27,3% pangsa pasar.

Pertumbuhan pangsa pasar Android itu disebabkan semakin banyaknya vendor ponsel yang mengadopsi platform besutan Google tersebut. Efek dari hal itu menimbulkan tekanan pada Samsung sebagai vendor utama Android.

Di China misalnya, dua merek lokal yakni Xiaomi dan Huawei menguasai pasar Android secara keseluruhan. Di Negeri Panda itu Samsung hanya mampu mempertahankan kekuatan yang diraih tahun lalu, sebesar 23,7%.

Sedangkan di lima pasar besar Eropa yakni Inggris, Jerman, Italia, Perancis dan Spanyol, Samsung masih menguasai pangsa pasar smartphone sebesar 40,3%. Meski begitu, jumlah pangsa pasar Samsung di Eropa mengalami penurunan sebesar 2,2% dibanding periode sebelumnya.

Apple yang menggunakan platform iOS sendirian tampak masih mampu mempertahankan pangsa pasarnya, terlebih di pasar kelas atas. Padahal, secara umum pangsa pasar smartphone Apple mengalami penurunan.

Di Jepang, Apple mampu mengungguli Android berkat kerjasama Apple dengan operator terbesar di Jepang yaitu NTT Docomo. Apple sendiri juga melakukan kerjasama dengan operator telekomunikasi lainnya seperti Softbank maupun KDDI.

Sementara itu Windows Phone masih menduduki posisi ketiga dengan pangsa pasar 4,4%. Pangsanya masih meningkat kecuali di wilayah Amerika Latin. Eropa menjadi pangsa pasar terbesar Windows Phone dengan menguasai hampir 10% pangsa pasar smartphone.

Sedangkan Platform mobile asal Kanada, BlackBerry masih mampu bertahan walau pangsa pasarnya terus merosot. Berdasarkan laporan Kantar, Blackberry mengalami penurunan di 12 wilayah dan tidak mampu meraih pangsa pasar hingga 4%.

Inggris menjadi wilayah yang cukup berwarna. Di Negeri Ratu Elizabeth itu Blackberry mampu meraih pangsa pasar 3,2%, Samsung menjadi pemimpin dengan pangsa pasar 31% dan disusul Apple sebanyak 28% dan Nokia 18%.

Penetrasi smartphone di Inggris hampir mencapai 70%. Seperti dilansir TechCrunch, Selasa (28/1/2014), riset itu menyebut 85% handset yang dijual pada kuartal keempat 2013 merupakan perangkat smartphone. (den/isk)


Baca juga:
Samsung Akan Banjiri Pasar Dengan Phablet dan Tablet Bongsor
Sebar Undangan, Samsung Akan Luncurkan Tizen
Dibanding Smartphone Lain, Samsung Galaxy S4 Paling Haus Memori

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Samsung

Video Terkini