Sukses

Smartphone Segera Gantikan Fungsi Kunci Kamar Hotel

Tamu dapat membuka pintu kamar hotel dengan menempelkan ponsel ke gagang pintu kamar yang telah dilengkapi teknologi Bluetooth.

Tamu yang bermalam di hotel sebentar lagi akan mendapatkan kemudahan berkat perkembangan teknologi dalam perangkat ponsel pintar. Sejumlah hotel di Amerika Serikat saat ini tengah berupaya menjadikan ponsel tamu mereka sebagai perangkat pengganti kunci kamar konvensional.

Sejumlah hotel di wilayah Manhattan dan Cupertino, Amerika Serikat bahkan kabarnya sudah menghilangkan meja check-in karena dianggap sudah tak lagi berfungsi sesuai kebutuhan. Tamu yang bermalam di Hotel Alotft di Manhattan atau Hotel Starwood kini dapat menggunakan ponsel pribadi mereka untuk masuk ke dalam kamar hotel.

Diwartakan Wall Street Journal, Selasa (28/1/2014), tamu yang bermalam di Hotel Starwood akan menerima pesan yang berfungsi sebagai sebuah kunci virtual. Saat tiba di kamar hotel yang telah dipesan, tamu dapat membuka pintu dengan menempelkan atau memutar ponsel ke gagang pintu kamar yang telah dilengkapi teknologi Bluetooth.

Pihak hotel memastikan varian ponsel yang kompatibel dengan teknologi ini yaitu iPhone 4S ke atas dan smartphone Android yang telah berjalan minimal di versi 4.3 Jelly Bean. Pihak pengelola hotel berharap penerapan sistem baru ini dapat menjadi salah satu terobosan teknologi terbaru di industri perhotelan.

Robert Habeeb, President First Hospitality Group yang memiliki sekitar 55 hotel di Amerika Serikat juga menyebutkan pihaknya akan meniadakan area check-in di hotelnya. Ia menyebut banyak tamu yang merasa waktunya telah banyak dihabiskan untuk berinteraksi dengan staff hotel di meja check-in.

"Meja depan hotel akan dibuat seperti bartender yang memungkinkan setiap orang yang berinteraksi menikmati hal tersebut," ucap Habeeb.

Hingga kini sejumlah hotel masih mencari cara terbaik untuk meminimalisir hambatan yang akan terjadi. Mengingat ada beberapa hotel yang dimiliki dan dikelolal oleh beberapa perusahaan yang berbeda. (vin/dhi)

Baca juga
Apple Akan 'Sulap' iPhone Jadi Alat Pembayaran
Layar Safir iPhone 6 Bakal Diperkuat Panel Surya
iPhone Layar Besar, Pengguna Pilih Mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • iPhone

Video Terkini