Sukses

[VIDEO] Meski `Jelek`, Mobil Ini Bisa Dikontrol Lewat Pikiran

Kendaraan roda empat ini dibekali dengan otak pintar dan hebatnya bisa dikendarai lewat pikiran.

Sekilas mobil ini tampak tak layak digunakan, tampilannya `jelek` seperti barang bekas. Namun siapa sangka kalau kendaraan roda empat ini dibekali dengan otak pintar dan hebatnya lagi bisa dikendarai lewat pikiran.

Mobil ini bahkan tidak dikembangkan oleh seorang profesor jenius, melainkan dirancang oleh sebuah tim mahasiswa teknik asal India yang kebetulan bekerja untuk proyek `thought-controlled car` di Fakultas Teknik dan Teknologi Mount Zion.

Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (1/2/12014), untuk bisa berfungsi dengan baik minivan ini dilengkapi beberapa peralatan canggih. Salah satu bagian yang paling penting adalah headset yang dijuluki Emotiv Electroencephalography (EEG) sebagai pengendali.

Dalam video yang bertajuk `Brain Driven Hybrid Vehicle` ini Anda dapat menyaksikan mobil tersebut dapat berjalan dengan cukup baik. Selain dapat dikendalikan lewat pikiran, mobil ini juga diklaim bisa dikontrol secara manual dan melalui laptop yang ada di atas dashboard.

Untuk saat ini mobil cerdas itu hanya sebatas konsep dan masih dalam proses pengembangan hingga benar-benar aman untuk dikendarai di jalan raya.

Jika suatu hari `self-driving car` menjadi populer, kami kira seluruh pengemudi tidak lagi memerlukan Surat Izin Mengemudi (SIM). (isk)


Baca juga:
Toyota Bakal Pamer Mobil Tanpa BBM di CES 2014
Mobil Toyota Ini Bisa Baca Suasana Hati Pengemudi
Toyota Akan Perkenalkan Lexus Tanpa Sopir di CES 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini