Sukses

Berapa <i>Sih</i> Gaji CEO Microsoft?

Persaingan menjadi orang nomor satu di Microsoft menghadirkan sebuah pertanyaan. Berapa sih sebenarnya gaji seorang CEO Microsoft?

Belakangan jagat teknologi diramaikan dengan alotnya proses pemilihan calon CEO baru Microsoft. Spekulasi terkait calon pengganti ideal sosok Steve Ballmer di posisi CEO Microsoft memang menjadi sebuah misteri yang menarik diikuti perkembangannya.

Setelah gagal menggaet sejumlah nama dari luar perusahaan seperti CEO Nokia Stephen Elop, CEO Ford Alan Mullaly, dan yang terakhir CEO Ericsson Hans Vestberg, kini dilaporkan bahwa nama Satya Nadella merupakan kandidat internal terkuat. Bahkan menurut yang dilansir Bloomberg, nantinya Nadella akan menjabat sebagai CEO baru untuk menggantikan Steve Ballmer sekaligus Bill Gates sebagai Chairman.

Pria berkebangsaan India itu tak lain adalah Executive Vice president of Cloud and Enterprise Microsoft, yang bertanggung jawab dalam memimpin proyek komputasi awan, bisnis berbasis internet, dan inisiatif komputasi.

Panasnya persaingan menuju orang nomor satu di perusahaan pencipta software terbesar di dunia itu menghadirkan sebuah pertanyaan. Berapa sih sebenarnya gaji seorang CEO Microsoft?

Berdasarkan data yang dirilis laman ZDNet, di tahun 2013 kemarin Steve Ballmer menerima gaji pokok sebesar USD 682.500 per tahun dengan bonus prestasi mencapai USD 1.365.000. Sehingga secara total gaji Ballmer adalah USD 2.047.000 atau sekitar Rp. 18 miliar per tahun.

Tentunya jumlah tersebut sungguh fantastis. Namun bila dibandingkan dengan gaji para petinggi Apple angka tersebut belum seberapa. Sebagai perbandingan, berdasarkan laporan keuangan perusahaan sepanjang 2013, CEO Apple Tim Cook dibayar senilai hampir USD 4,3 juta atau sekitar Rp 52 miliar per tahun. (dhi)

Baca juga:
Mengenal Sosok Calon CEO Baru Microsoft, Satya Nadella
Sibuk Cari CEO Baru, Microsoft Bakal Pensiunkan Bill Gates?
CEO Ericsson Tolak Pinangan Microsoft

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.