Sukses

Demi KitKat, Android Versi Lawas Akan Dimatikan Google?

Android versi 4.2 Jelly Bean akan dimatikan pada 24 April 2014, sedangkan versi 4.3 Jelly Bean menyusul pada 31 Juli 2014.

Google secara resmi meluncurkan sistem operasi Android versi terbaru yaitu KitKat pada Oktober 2013 lalu. Namun hingga kini dari semua perangkat Android yang tersebar di seluruh dunia, yang mengadopsi platform tersebut hanya sekitar 2%. Tepatnya, KitKat baru diadopsi oleh 1,8 % dari semua smartphone atau tablet Android di dunia.

Kondisi tersebut tampaknya membuat Google frustasi. Bahkan belakangan ramai beredar rumor yang menyebutkan Google akan segera mematikan seluruh sistem operasi Android versi lawas di bawah versi 4.4 KitKat.

Rumor itu sendiri muncul setelah sebuah dokumen rahasia milik Google bocor di dunia maya. Menurut yang dilansir Android Police, Rabu (12/2/2014), di dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa Google tidak akan lagi mensertifikasi seluruh produk perangkat mobile yang mengadopsi sistem operasi Android 2.3 Froyo hingga 4.1 Jelly Bean per Februari 2014.

Disebutkan pula bahwa Android versi 4.2 Jelly Bean akan dimatikan pada 24 April 2014, sedangkan versi 4.3 Jelly Bean menyusul pada 31 Juli 2014.

Google kabarnya akan memaksa para produsen perangkat untuk mulai memproduksi poduk perangkat mobile yang sudah berjalan di atas platform Android 4.4 KitKat.

Proses upgrade sistem operasi Android memang diakui cukup memakan banyak waktu serta memerlukan koordinasi dari para pembuat handset dan juga operator. Sebagai contoh, smartphone besutan Sony hingga saat ini baru saja menerima Android 4.3 Jelly Bean. Berbeda dengan Samsung ataupun Motorola yang sudah memiliki akses ke Android terbaru versi 4.4 KitKat.


Baca juga:
Jelly Bean Masih Rajai Android, Kitkat Hanya 1,8%
[VIDEO] BlackBerry Ini Sukses Adopsi Sistem Operasi Android
Bulan Depan Pengguna Android Gingerbread Sudah Bisa BBM-an
Dominasi Android Jelly Bean Belum Terkalahkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini