Sukses

Microsoft Tantang Mahasiswa Buat Aplikasi Berhadiah USD 50 Ribu

Selain menciptakan game yang menyenangkan dan menantang, peserta ditantang untuk menciptakan aplikasi untuk mengatasi permasalahan dunia.

Microsoft kembali menantang para pelajar dan mahasiswa di seluruh dunia untuk mengembangkan kreativitas dalam menciptakan sebuah inovasi teknologi melalui kompetisi rutin tahunan Imagine Cup.

Imagine Cup ke-13 tahun ini akan membuka tiga kategori yang dikompetisikan, yakni games, innovation dan world citizenship. Selain menciptakan game yang menyenangkan dan menantang, para peserta ditantang untuk menciptakan aplikasi yang mampu mengatasi permasalahan secara global.

"Kategori world citizenship merupakan core Imagine Cup yang menantang mahasiswa untuk mencari solusi permasalahan dunia seperti masalah kesehatan, pangan, dan yang terkait dengan rumusan MDGs (Millenium Development Goals)," ujar Risman Adnan, Direktur Developer and Platforn Group Microsoft Indonesia di acara media briefing Imagine Cup di Kantor Pusat Microsoft Indonesia di Jakarta, Senin (17/2/2014).

Lebih lanjut Risman menyebut, selain menantang mahasiswa untuk berinovasi dan mengembangkan kreativitas, Microsoft berharap melalui kompetisi ini akan bermunculan technopreneur baru.

"Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003, sudah lebih dari 190 negara dengan 1,7 juta mahasiswa yang berpartisipasi dalam Imagine Cup," ucap Irving Hutagalung, Technical Evangelist Microsoft Indonesia.

Untuk menjaring sejumlah bakat terbaik, Microsoft melakukan roadshow dan mentoring di delapan kampus yakni Universitas Indonesia, BINUS, Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Institut Teknologi Sepuluh November, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Diponegoro. Sedangkan Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, dan Institut Teknologi Del masuk dalam daftar tiga universitas wildcard yang terpilih langsung ke babak semi final Indonesia.

Calon peserta sudah dapat mendaftarkan diri sejak Oktober 2013 hingga 28 Februari 2014 melalui http://aka.ms/ImagineCupID. Proses penjurian akan dilakukan mulai 15 Maret 2014 dan pemilihan juara tingkat Indonesia pada 11 April 2014.

"Tahun lalu kami menerima 1.077 pendaftar yang terdiri dari tim minimal 4 orang, tahun ini kami mengedepankan kualitas jadi hanya menargetkan 500 peserta saja," tambah Irving.

Nantinya pemenang Imagine Cup berhak mewakili Indonesia di ajang Imagine Cup dunia di Seattle, Amerika Serikat pada 29 Juli 2014 dan berhak memperebutkan hadiah total USD 50 ribu.


Baca juga:
Ini Dia Para Juara Kompetisi IT Imagine Cup 2013
Game Buatan Anak Madura Raih Juara Kedua Kompetisi IT Dunia
86 Tim IT Muda Bertarung di Rusia, Madura Wakili Indonesia
Microsoft Cari Wakil Indonesia Untuk ke Imagine Cup 2013 Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini