Sukses

Gamer PS4 Gagal `Move On` dari Game Jadul

Bahkan, sebagian besar dari mereka ingin meminta Sony untuk memboyong kembali judul game lawas tersebut di konsol PS4.

Liputan6.com, Tokyo - Di era konsol current generation, seperti PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One, para gamer dimanjakan deretan judul game anyar dengan tampilan grafis ciamik serta gameplay menarik.

Semua dikemas menjadi satu kesatuan sempurna layaknya sebuah film. Jika dibandingkan, judul-judul game jaman dulu (jadul) yang sempat bertengger di konsol PS1, PS2, dan Xbox, memang kalah jauh dari tampilan grafik. Akan tetapi, bukan berarti game lawas ini tak lagi menarik.

Menurut informasi yang dilansir Polygon, Kamis (29/10/2015), para gamer PS4 yang mayoritas gamer dewasa berusia 24-30 tahun, mengaku bahwa mereka rindu dengan game-game jadul. Bahkan, sebagian besar dari mereka ingin meminta Sony untuk memboyong kembali judul-judul game yang dirilis di era 1990an - 2000an untuk hadir ke konsol current gen-nya tersebut.



Meski memang belum dikabulkan, perusahaan raksasa teknologi asal negeri Sakura itu mencoba untuk mencari tahu apa yang diinginkan konsumennya. Oleh karena itu, Sony mengadakan survei untuk mengetahui fitur penting apa yang diinginkan para gamer PS4 di konsolnya pada masa mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dipublikasikan NeoGAF, terdapat beberapa permintaan fitur seperti kemampuan untuk mengubah PlayStation Network ID, menciptakan folder, menyembunyikan serta menghapus item dari Library, kustomisasi background, sampai notifikasi jika ada yang online. Semua permintaan tersebut memang banyak, namun terdapat satu permintaan yang dinilai Sony sangat menarik.

Baca Juga

Permintaan tersebut adalah para gamer menginginkan game klasik PS1 dan PS2 untuk bisa dimainkan di PS4. Hal tersebut dinilai mirip dengan yang dilakukan Microsoft pada Xbox One-nya dengan menghadirkan fitur Backward Compatibility agar bisa memainkan game jadul Xbox.

Namun, Sony sepertinya menganggap bahwa permintaan para gamer sangat sulit untuk dikabulkan. Mereka justru berencana untuk menghadirkan game PS2 via streaming di PlayStation Now. Untuk saat ini, mereka tengah fokus menghadirkan game-game PS3 di layanan tersebut.

Selain itu, Sony juga bertanya kepada gamer terkait kapan jadwal yang tepat untuk update sistem PlayStation 4, di mana mengacu pada versi 4.00. Jawaban para gamer sangat mengejutkan, rata-rata mereka ingin update rilis antara tahun 2016 sampai 2017.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.