Sukses

Facebook Raup Untung Rp 19,8 Triliun di Kuartal Pertama

Liputan6.com, California - Sudah bukan rahasia Facebook merupakan jejaring sosial yang memiliki pengguna paling besar, yakni pengguna aktif di atas 1 miliar orang per hari. Namun, tahukah Anda berapa keuntungan yang diperoleh media sosial besutan Mark Zuckerberg itu?

Laman BBC yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (2/5/2016), menyebutkan kenaikan keuntungan Facebook mencapai tiga kali lipat menjadi US$ 1,51 miliar atau setara dengan Rp 19,8 triliun pada kuartal pertama 2016.

Tidak hanya itu, pendapatan Facebook dari iklan pun bertambah menjadi US$ 5,2 miliar atau Rp 68,4 triliun.

Padahal di kuartal yang sama tahun lalu Facebook hanya mengeruk pendapatan iklan sebesar US$ 3,5 miliar atau Rp 46 triliun. Dari pendapatan iklan ini, 80 persen berasal dari pengguna Facebookyang mengakses melalui smartphone.

Hal ini disebut-sebut karena kehadiran layanan live video dari Facebook menarik pemasang iklan baru. Sementara, pendapatan dari layanan yang sudah ada juga dikabarkan terus mengalami perkembangan.

Tidak hanya itu saja, rupanya setiap pengguna menyumbangkan lebih banyak uang untuk Facebook. Terhitung, tiap pengguna rata-rata memberi US$ 3,2 atau Rp 42.000 per bulan. Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, di mana setiap pengguna menyumbang US$ 2,5 yakni Rp 33.000 per bulannya.

Bagaimana dengan peningkatan jumlah pengguna aktifnya? Rupanya selain keuntungan meningkat, pengguna aktif Facebook juga meningkat 15 persen dibandingkan tahun lalu. Kini, user aktif Facebook mencapai 1,65 miliar pengguna per bulannya.

Pendiri sekaligus CEO Facebook MarkZuckerberg juga dikabarkan meminta agar saham baru diterbitkan. Meski menyumbangkan dana dari saham-sahamnya ke yayasan sosial Zuck tetap menguasai perusahaan.

Dengan peningkatan keuntungan dan pendapatan Facebook yang telah melampaui perkiraan pelaku saham di Wall Street New York, harga saham jejaring sosial berusia 12 tahun itu langsung naik hingga 9 persen beberapa jam setelah diperdagangkan.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.