Sukses

Canggih! Korsel Patroli Perbatasan Pakai Kinect

Fitur sensor kamera pada Kinect dibekali kemampuan untuk membedakan pergerakan antara manusia dan hewan.

Tak hanya bisa digunakan untuk bermain game, ternyata perangkat navigasi gerak Kinect besutan Microsoft yang biasanya disandingkan sebagai aksesoris pendukung konsol Xbox One juga bisa digunakan untuk keperluan militer.

Dilansir laman Extreme Tech, Jumat (7/2/2014), pihak militer Korea Selatan dilaporkan saat ini telah memanfaatkan Kinect untuk memantau aksi pelanggaran perbatasan yang dilakukan negara tetangga seteru mereka, Korea Utara. Seorang programmer sekaligus pengembang software bernama Jae Kwan Ko adalah pihak yang diberi kepercayaan oleh militer Korea Selatan untuk memodifikasi Kinect.

Menurut Jae Kwan Ko, fitur sensor kamera pada Kinect memiliki fungsi untuk mendeteksi pergerakan mahluk hidup. Hebatnya, Kinect sendiri memang sudah dibekali kemampuan untuk membedakan pergerakan antara manusia dan hewan. Dengan begini, tugas pihak pengawas perbatasan akan semakin termudahkan.

Sebelum memanfaatkan Kinect, Korea Selatan diketahui menggunakan teknologi infrared (sinar infra merah) untuk mengawasi perbatasan negara mereka dengan Korea Utara atau lebih sering disebut sebagai wilayah 'Demilitarized Zone'. Namun sayang, Jae Kwan Ko menjelaskan, teknologi infrared memiliki kelemahan tidak dapat membedakan mana pergerakan yang dibuat oleh manusia ataupun hewan.

Keadaan tersebut dianggap terlalu bahaya, pasalnya terdapat sejumlah hewan dilindungi yang hidup di wilayah perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara, salah satunya adalah macan Siberia yang sudah hampir punah.

Baca juga:
Microsoft Sediakan Kamus Kinect di Xbox One
Aplikasi Game Dibuat Untuk Membantu Terapi Anak Autis
Robot Interaktif Ini Dapat Membantu Anak Autis Belajar
Video Game 3D Bakal Ramaikan Industri Game

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini