Sukses

Saham BlackBerry Melonjak Pasca WhatsApp Dibeli Facebook

Saham BlackBerry naik 9 persen setelah Facebook mengumumkan kesepakatan akuisisinya dengan startup mobile messaging terpopuler, WhatsApp.

Saham BlackBerry naik 9 persen setelah Facebook mengumumkan kesepakatan akuisisinya dengan startup mobile messaging yang populer di dunia, WhatsApp.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Facebook hari ini resmi mengakuisisi WhatsApp dengan total nilai $ 19 milyar, terdiri dari $ 12 miliar dalam bentuk saham di Facebook, $ 4 miliar uang tunai dan $ 3 miliar lagi dalam bentuk saham terbatas yang diberikan khusus untuk para pendiri WhatsApp.

Kabar Facebook mengakuisisi WhatsApp mengejutkan banyak pihak. Berita akuisisi ini ikut mendongkrak saham BlackBerry. Pasca pengumuman saham BlackBerry melonjak naik menjadi $ 9,82 pada penutupan perdagangan di New York. 

Investor sepertinya bersorak senang karena persaingan aplikasi chatting mobile akan semakin panas. BlackBerry sendiri memiliki aplikasi chatting andalan bernama BlackBerry Messaging (BBM).

BBM adalah layanan mobile messaging perintis. Namun sayang basis penggunanya belum mampu menyalip WhatsApp yang dirilis pada tahun 2009. Ini karena dulunya BlackBerry enggan membuka layanannya kepada pengguna platform lain.

Dibanding BBM, WhatsApp jauh berkembang pesat dengan basis pengguna sekitar 450 juta. Aplikasi lintas plaftorm ini kompatibel dengan sistem operasi iOS, Android, Windows dan juga BlackBerry.

Tidak seperti pesan teks biasa (SMS) yang berbayar, WhatsApp diberikan gratis untuk tahun pertama dan selanjutnya Anda diharuskan membayar biaya 99 sen dollar.

Meski demikian, BBM masih populer meskipun handset BlackBerry makin turun pamor. Akhir tahun lalu BlackBerry akhirnya membuka BBM untuk pengguna iPhone dan Android secara gratis. Saat ini pengguna BBM diklaim telah mencapai lebih dari 80 juta pengguna aktif.


Baca juga:
Beli WhatsApp Rp 223 Triliun, Apa Untungnya Buat Facebook?
WhatsApp Dipinang Facebook Dengan `Mahar`Rp 223 Triliun
Pengguna Membludak, WhatsApp Segera Ditutup?
Makin Tajir, Kekayaan Mark Zuckerberg Bertambah Rp 39 T
Facebook Beli Instagram Rp 9,17 Triliun

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.