Sukses

Oculus Rift Mulai Dikirim ke Lebih dari 20 Negara

Perangkat VR milik Facebook, Oculus Rift mulai dikirimkan ke konsumen di lebih dari 20 negara pada Senin (28/3/2016) kemarin, waktu setempat

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat virtual reality milik Facebook, Oculus Rift, mulai dikirimkan ke konsumen di lebih dari 20 negara di dunia pada Senin (28/3/2016) kemarin, waktu setempat.

Unit-unit pertama ini akan dijual secara khusus kepada para fans yang mendukung kampanye penggalangan dana perusahaan rintisan (startup) ini pada 2012 lalu. Kampanye tersebut diketahui menghasilkan US$ 10 juta--setara dengan Rp 13,3 miliar--yakni sebelum Oculus Rift dibeli Facebook pada 2014 dengan nilai transaksi US$ 2 miliar--setara dengan Rp 26,6 triliun. 

Sementara perangkat virtual reality milik Samsung, Gear VR, telah mulai dikirimkan untuk perangkat mobile belum lama ini.

Seperti dikutip tim Tekno Liputan6.com dari laman Venture Beat, Selasa (29/3/2016), peluncuran Oculus Rift dipandang sebagai awal dari era virtual reality. Bahkan, Digi-Capital memprediksi di tahun 2020 mendatang nilai pasar perangkat VR bakal mencapai US$ 30 miliar atau sekitar Rp 400 triliun.

Hari ini unit-unit pertama Oculus Rift yang dikirimkan diperkirakan akan sampai pada pemesannya. Sebagai informasi tambahan, pre-order pertama akan mulai dikirimkan pada pertengahan pekan ini. "Kami bekerja secepat mungkin agar Rift bisa sampai kepada konsumen yang telah melakukan pre-order," demikian pernyataan resmi perusahaan lewat sebuah unggahan blog.

Lebih lanjut diungkapkan, "Jika Anda telah melakukan pre-order, Anda akan mendapatkan sebuah email. Artinya pesanan sedang dipersiapkan. Setelah Anda melunasi pembayaran, sekitar 1-3 pekan kemudian perangkat Rift Anda akan tiba."

Oculus menyebutkan setidaknya ada 30 gim yang tersedia di Oculus Store, termasuk di dalamnya gim petualangan Chronos hingga simulasi perang luar angkasa Eve: Valkyrie. Selain itu, sebuah platform VR Lucky's Tale yang dipaket dengan dengan Rift sehingga tersedia dalam masing-masing perangkat.

Jika Anda berminat, Anda dapat memesan sebuah Rift melalui Oculus.com atau membeli sebuah PC yang sudah mendukung virtual reality. Di dalamnya konsumen pun akan langsung mendapatkan perangkat VR melalui Amazon, BestBuy, dan Microsoft Store.

Toko-toko tersebut juga menyediakan video dan foto 360 derajat dengan Oculus Video for Rift, Facebook 360 video, Vimeo, dan Twitch livestream.

"Kami akan menambah fitur film berdurasi panjang, partners baru, dan lebih banyak konten untuk Oculus Video," ujar Oculus.

Menurut perusahaan, terdapat 200.000 konten di Oculus 360 foto yang dapat dikunjungi secara virtual. Rasanya akan seperti melakukan perjalanan ke tempat lain.

Perusahaan juga menyebutkan, setiap perangkat Rift hadir dengan Oculus Dreamdeck--seperangkat VR dengan rancangan khusus yang akan mengantarkan konsumen ke dunia virtual reality.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini