Sukses

Diserang Hacker, Snapchat Siapkan Update Baru

Snapchat akhirnya bereaksi dan berusaha mengamankan sistem layanannya dengan menyediakan update kepada pengguna Snapchat.

Aplikasi photo messaging Snapchat sedang berusaha keras mengamankan kembali layanannya dari berbagai serangan menyusul adanya serangan hacker. Seperti diberitakan sebelumnya, hacker berhasil membobol sistem database pengguna aplikasi Snapchat lalu mempublikasikan jutaan username dan nomor telepon pengguna Snapchat ke internet melalui situs bernama SnapchatDB.

Snapchat akhirnya bereaksi dan berusaha mengamankan sistem layanannya dengan menyediakan update kepada pengguna Snapchat. Dalam update itu Snapchat memberikan keleluasaan bagi para penggunanya agar bisa memproteksi diri dari penyalahgunaan akun yang dimiliki.

Menurut yang dilansir Phone Arena dan ditulis Jumat (3/1/2014), setelah melakukan update pada aplikasinya pengguna Snapchat bisa memilih agar tak muncul dalam daftar 'Find Friends' setelah memverifikasi datanya dengan memasukkan nomor telepon miliknya.

Kebocoran data yang menimpa Snapchat membuat lebih dari 4,8 juta data pengguna berupa nomor telepon dan username disebarluaskan. Snapchat sebenarnya sudah pernah diingatkan akhir Desember 2013 lalu oleh perusahaan keamanan, Gibson Security tentang celah keamanan yang terdapat pada aplikasinya itu.

Namun, Snapchat tak menggubris peringatan itu dan mengaku celah itu bisa ditutup hanya dengan kode sepuluh baris. Menjelang perayaan Natal 2013, data pengguna aplikasi berbagi foto pribadi itu akhirnya diungkap melalui beberapa eksploitasi.

Snapchat sendiri merupakan perusahaan yang mulai menanjak dan cukup banyak diminati di sejumlah wilayah. Perusahaan itu belum lama ini menolak pinangan Facebook dan Google yang hendak membelinya seharga USD 3 milyar dan USD 4 milyar. (den/dew)

Baca juga : 
Snapchat Dihack, Jutaan Username & Nomor Telepon Diekspos
Ditawar Rp 34 Triliun, Snapchat Tolak Facebook
Ini Alasan Facebook Ngotot Beli Aplikasi Snapchat
Alasan Pendiri Snapchat Tolak Duit Pinangan Facebook
Tak Hanya Facebook, Snapchat Juga Tolak Pinangan Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini