Sukses

Seberapa Banyak Anda Duduk dan Berdiri? Pantau Dengan Alat Ini

Alat berbentuk sabuk ini diciptakan untuk memantau postur tubuh dan aktivitas fisik seseorang melalui sensor sepanjang hari.

Banyak dari mereka yang concern terhadap kesehatan, tapi tetap saja tidak peduli dengan apa yang dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Sebuah tim inventor asal Amerika telah menciptakan sebuah gadget yang bisa mengakhiri masalah ini.

Device yang dijuluki LUMOback tersebut diproduksi oleh para ilmuwan LUMO BodyTech dari Stanford, Amerika Serikat. Mengutip laman Mail Online, Senin (20/1/2014), alat berbentuk sabuk ini diciptakan untuk memantau postur tubuh dan aktivitas fisik seseorang melalui sensor sepanjang hari.

Ketika pengguna terlalu lama duduk membungkuk, sensor yang ada akan bergetar - sebagai pengingat berapa banyak waktu yang mereka habiskan dalam posisi duduk membungkuk atau tegak.

Bukan itu saja, LUMOback juga akan menghitung berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk duduk, berapa kali setiap hari mereka berdiri, dan berapa banyak mereka berjalan.  



Juga memberitahu posisi tidur yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengukur jumlah kalori yang terbakar di siang hari. Uniknya, setiap laporan dari sensor tersebut dapat terlihat dalam bentuk laporan harian, mingguan maupun bulanan melalui aplikasi khusus yang dapat dihubungkan ke smartphone pengguna.

Aplikasi gratis itu juga memungkinkan pengguna untuk melacak perbaikan postur tubuh dan tingkat aktivitas dari waktu ke waktu. Kompatibel dengan perangkat iOS, seperti iPhone 4S, iPhone 5, iPod Touch, dan iPad. Juga kompatibel dengan perangkat ber-platform Android 4.3 dan di atasnya, seperti Nexus 4 dan 5, HTC One, Samsung S3 dan S4 serta Motorola G.

Perangkat ini dibanderol dengan harga 90 poundsterling atau Rp 1,8 jutaan dan dapat dibeli dari situs resminya. (isk) 


Baca juga:
Hebat, Lensa Kontak Bisa Ukur Kadar Gula Darah Lewat Air Mata
Kontrol Mimpi Anda Dengan Ikat Kepala Pintar Ini
Lupakan Fingerprint, Ganti Semua Password Dengan Eye Scanner Ini
Keren, Ngecas Baterai Gadget Pakai Mangkuk
Charger Laptop Ini Diklaim Terkecil di Dunia



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.