Sukses

Kesetrum Listrik, Mata Pria Ini Jadi Terlihat Nyentrik

Mulanya yang tersengat adalah bahu kirinya dan kemudian menjulur ke seluruh tubuh hingga mengenai saraf optiknya.

Seorang petugas listrik asal Califiornia tersengat listrik bertegangan 14.000 volt. Selain mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya, pria berusia 42 tahun itu juga terserang katarak yang bentuknya seperti bintang.

Mulanya yang tersengat adalah bahu kirinya dan kemudian menjulur ke seluruh tubuh hingga mengenai saraf optiknya, saraf yang menghubungkan bagian belakang mata ke otak. Demikian kisah ironis yang diceritakan oleh peneliti Bobby Korn dan Don Kikkawa dari University of California, San Diego yang menangani pasien ini.

Empat bulan pasca kejadian, pria yang tak disebutkan namanya itu menjalani operasi untuk menghilangkan katarak di matanya, bahkan mendapatkan implan lensa mata baru. Penglihatannya pun semakin membaik setelah dioperasi.

Korn mengatakan bahwa mata seperti kamera. "Jika lensa rusak dapat diubah, tetapi kalau film rusak maka Anda tidak akan mendapatkan gambar yang bagus," ujarnya, seperti dikutip dari Utah People's Post, Selasa (28/1/2014).

Menanggapi hal tersebut, Korn mengaku tak tahu pasti mengapa ada katarak berbentuk bintang. Namun dari beberapa studi yang terjadi pada hewan diketahui bahwa kerusakan pada lensa mata akibat tersengat listrik biasanya muncul gelembung kecil bernama vakuola di bagian luar lensa.

Pembentukan katarak berbentuk bintang sepenuhnya belum pernah terjadi sebelumnya. Awal tahun ini, seorang pria di Austria juga menderita katarak berbentuk bintang di matanya setelah ia menerima bogem mentah tepat di wajahnya. (isk)


Baca juga:
Smartphone Ini Bisa Hasilkan 10.000 Aroma Berbeda
Asyiknya Bersepeda di Kantor Sambil NgecasBaterai Gadget
Seberapa Banyak Anda Duduk dan Berdiri? Pantau Dengan Alat Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.