Sukses

Asyiknya Bersepeda di Kantor Sambil <i>Ngecas</i> Baterai Gadget

Perangkat ini bisa digunakan untuk melakukan tiga aktivitas dalam waktu yang bersamaan yaitu bekerja, bersepeda, dan mengisi baterai gadget.

Ingin berolahraga, namun Anda tak memiliki banyak waktu untuk melakukannya? Jangan khawatir karena sekarang Anda dapat bresepeda di meja kantor sambil bekerja. Bahkan kayuhannya dapat menghasilkan arus listrik yang kemudian digunakan untuk mengisi baterai gadget.

Konsep teknologi tersebut sebenarnya bukan hal yang baru, namun perangkat yang dijuluki BigRig Desk ini memiliki desain yang unik dan bisa digunakan untuk melakukan tiga aktivitas dalam waktu yang bersamaan yaitu bekerja, bersepeda, dan mengisi baterai gadget.

Bukan itu saja, arus listrik yang dihasilkan juga bisa menghantarkan daya ke laptop. Mengutip laman Mail Online, Selasa (21/1/2014), perangkat multifungsi ini diciptakan oleh startup bernama Pedal Power. Dan karena ini adalah buatan tangan, harga yang dipatok cukup mahal yaitu US$ 2.400 atau sekitar Rp 29 juta.  

Startup yang berbasis di New York itu didirikan oleh dua orang sahabat Steve Darah dan Andy Wekin, yang membangun mesin bertenaga pedal ini secara manual alias handmade di waktu luang mereka. Waktu yang dihabiskan untuk membuat BigRig Desk adalah sekitar 5 tahun.



"Kekuatan manusia melampaui listrik dan alasan utama mengapa kekuatan pedal sangat berguna karena dua kaki dapat menghasilkan tenaga delapan kali lebih besar dari satu lengan, "kata Darah dan Wekin.

Orang dewasa rata-rata dapat menggunakannya untuk menghasilkan arus listrik sebesar 100 watt. Dan uniknya, sepeda ini juga dapat digunakan untuk memompa air, menggiling biji-bijian, mengoperasikan sebuah kompresor udara, pompa hidrolik dan berbagai alat bertenaga listrik lainnya.

BigRig Desk memiliki kursi yang ergonomis dan dapat dikustomisasi sehingga bisa digunakan oleh setiap orang - dilengkapi roda, pedal, frame baja, dan gear yang kokoh.

"Harapan kami adalah bahwa suatu hari nanti mesin kami akan lebih ekonomis layaknya sepeda pada umumnya," kata Mr Blood, yang mendanai proyek ini dengan nilai investasi sebesar US$ 10.000 atau sekitar Rp 120 juta sehingga perusahaan dapat memproduksi device ini. (isk)


Baca juga:
Seberapa Banyak Anda Duduk dan Berdiri? Pantau Dengan Alat Ini
Hebat, Lensa Kontak Bisa Ukur Kadar Gula Darah Lewat Air Mata
Kontrol Mimpi Anda Dengan Ikat Kepala Pintar Ini
Lupakan Fingerprint, Ganti Semua Password Dengan Eye Scanner Ini
Keren, Ngecas Baterai Gadget Pakai Mangkuk
Charger Laptop Ini Diklaim Terkecil di Dunia





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.