Sukses

Steve Jobs Sempat Tertarik Benamkan OS X di Sony Vaio

Semasa hidupnya ternyata Jobs diketahui memiliki sebuah ambisi untuk membenamkan sistem operasi OS X ke dalam laptop Vaio.

Meski telah wafat sejak Oktober 2011 silam, namun sejumlah kenangan mengenai sosok pendiri Apple, Steve Jobs, seakan masih melekat hingga saat ini.

Semasa hidupnya Jobs merupakan salah satu rekan dekat Akiro Morita yang merupakan salah satu pendiri Sony. Kedekatan yang terjalin antara keduanya berimbas pada hubungan spesial antara Sony dan Apple.

Kedua perusahaan raksasa ini bahkan sempat terlibat dalam sejumlah proyek besar seperti tim QuickTime Apple yang membantu Sony dalam mengembangkan ATRAC format file audio mereka. Selain itu juga mantan arsitek QuickTime yang membantu mengarahkan beberapa proyek kamera digital Cybershot.

Sejumlah petinggi Sony diketahui juga kerap mengisi liburan musim dingin dan merayakan pergantian tahun dengan bermain golf di Hawai. Sebuah bocoran menarik diungkap oleh penulis lepas asal Jepang Noboyuki Hayashi.

Hayashi mengungkapkan sebuah cerita yang didapatkan dari mantan Presiden Sony Kunitake Ando. Ando menyebut semasa hidupnya ternyata Jobs diketahui memiliki sebuah ambisi untuk membenamkan sistem operasi OS X ke dalam laptop Vaio.

"Saat itu setelah bermain golf di tahun 2001 bersama eksekutif Sony lainnya, mendiang Jobs sempat memperlihatkan laptop Vaio yang menjalankan Mac OS", pungkas Ando seperti dikisahkan Hayashi dan dilansir Nobi, Sabtu (8/2/2014).

Jobs diketahui sangat menyukai produk dan Vaio dan ingin membuat sebuah pengecualian. Apple diketahui membuat bisnis berbeda dengan Microsoft dengan menjual perangkat lengkap dengan software di dalamnya.

Sayangnya hingga akhir hayat sang pendiri Apple, keinginan besar tersebut tak kunjung terwujud hingga saat ini. Bahkan rumor yang beredar belakangan menyebut jika divisi Vaio akan dijual, meski kemudian pihak Sony membantah isu tersebut.


Baca juga:
Setelah Motorola, Lenovo Incar Sony?
Apple Segera Boyong Aplikasi Kesehatan di iOS 8?
iWatch Akan Pakai Layar Lengkung LG?
[VIDEO] Terkuak Desain Konsep iWatch, Mirip Nike FuelBand

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini