Sukses

Fokus di Bobot Ringan, Universal Robot Punya Pasar Sendiri

Universal Robot fokus di pasar robot dengan kemampuan mengangkat beban berkisar 5-10 kg karena peluangnya besar.

Tenaga robot sudah mulai dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia. Di beberapa negara maju, tenaga robot dioptimalkan untuk menangani aktivitas yang berbahaya maupun beban berat di lingkungan pabrik.

Dan ternyata Indonesia dianggap sebagai pasar yang cukup menjanjikan bagi pembuat robot karena memiliki banyak pabrik manufaktur. Karena itulah, perusahaan pembuat robot asal Denmark --Universal Robot-- mencoba mengekspansi pasar robotiknya di Indonesia.

Dengan membawa dua jenis robot bernama UR5 dan UR10, Universal Robot fokus di pasar robot dengan kemampuan mengangkat beban berkisar 5-10 kg. PT Surya Smartekindo selaku salah satu distributor produk Universal Robot memiliki pasar sendiri di Indonesia.

"Pembuat robot industri kebanyakan memproduksi robot yang berukuran besar dengan bobot yang besar, biasanya di atas 20 kg. Nah, membuat robot yang dibutuhkan pabrik dengan kemampuan bobot 5-10 kg cukup punya peluang besar," kata Ady Suprio, Engineering Department PT Surya Smartekindo.

"Saat ini produk dari Universal Robot sudah ada yang pakai di Indonesia dari industri otomotif dan moulding plastik. Kami sebentar lagi akan merapat ke industri farmasi," tambah Ady yang dijumpai tim Tekno Liputan6.com di Ritz Cartlon Hotel Pacific Place, Jakarta.

Universal Robot sementara ini memiliki dua jenis robot manufaktur yaitu UR5 dan UR 10, yang masing-masing memiliki ukuran berbeda. UR5 memiliki jangkauan maksimal 85 cm dan kemampuan mengangkat bobot maksimal 5 kg, sedangkan UR memiliki jangkauan 1,3 meter dan mengangkat bobot maksimal 10 kg.

Keduanya dipasarkan dengan paket solusi yang dibanderol dengan harga mulai dari US$ 35 ribu atau sekitar Rp 426 juta dan US$ 38 ribu atau sekitar Rp 462 juta. Robot tersebut dilengkapi dengan 6 sumbu gerak yang bisa dipakai pada industri manufaktur, otomotif, farmasi, dan perusahaan F&B.

Baca juga : 
Dianggap Potensial, Manufaktur Robot `Serang` Indonesia
Yummy, Robot Ini Mampu Membuat Cookies Nan Lezat
Keren, Ngecas Baterai Gadget Pakai Mangkuk
Charger Laptop Ini Diklaim Terkecil di Dunia
Headphone Pun Dibuat Seperti Berlian
Sikat Gigi Pintar, Bisa Terkoneksi ke Smartphone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini