Sukses

Tingkatkan Kualitas Layanan, XL Gelar Transformasi Jaringan

Program ini dilakukan di empat kota yakni Jakarta, Bogor, Surabaya dan Malang yang mulai dilakukan sejak akhir tahun 2013.

Jaringan selular sudah menjadi kebutuhan penting bagi pengguna ponsel di Indonesia. PT XL Axiata Tbk terus berupaya berbenah untuk meningkatkan kualitas layanan yang dimilikinya.

Peningkatan layanan itu dilakukan melalui 'program transformasi jaringan'. Program ini dilakukan di empat kota yakni Jakarta, Bogor, Surabaya dan Malang yang mulai dilakukan sejak akhir tahun 2013.

XL beralasan transformasi jaringan dilakukan di empat kota itu karena perusahaannya sedang fokus mengekspansi empat kota tersebut. Selain itu, banyaknya komplain dari pelanggan menjadi pertimbangan XL dalam memilih kota yang akan di transformasi.

"Kota yang kita pilih berdasarkan komplain drop call dan penggunaan layanan data supaya mendapatkan pengalaman yang lebih baik," kata Cut Noosy, VP Service Partnership Management XL saat dijumpai tim Tekno Liputan6.com.

Cut pun menambahkan bahwa program ini dilakukan agar bisa meningkatkan aspek teknis kecepatan waktu, akselerasi alih teknologi 2G menuju 3G. Layanan voice, SMS dan data diklaim akan ikut merasakan peningkatan kualitas ini.

Transformasi jaringan dilakukan XL dengan cara mendesain ulang teknis jaringan dengan menggandeng mitra penyedia layanan solusi telekomunikasi. Huawei dan Ericsson dipilih operator selular itu untuk membantu proses desain ulang jaringan XL.

Transformasi jaringan ini diklaim berhasil menurunkan komplen pelanggan XL terkait drop call sebesar 20-30%.

Sementara itu Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL mengaku perusahaannya juga melakukan investasi dalam jumlah besar demi meningkatkan kualitas layanan tersebut.

"Kami mengalokasikan dana sekitar Rp 300 milyar untuk program transformasi jaringan untuk empat kota tersebut," papar Ongki di restoran Euphoria, Jakarta, Rabu (12/4/2014).

XL mengambil dana investasi transformasi dari Capex tahun 2014 yang disediakan sebesar Rp 7 triliun. XL mengklaim memiliki 60 juta pelanggan dengan sekitar 33 juta pengguna layanan data di jaringannya.


Baca juga : 
Pemegang Saham Restui XL dan Axis Merger
Ditemui Menkominfo, DPR Berbalik Dukung Perkawinan XL-Axis
KPPU Investigasi Prospek Pasar Jika XL-Axis Merger
Dari Merger XL-Axis, Pemerintah Bakal Untung Rp 8,4 Triliun
Merger XL-Axis, Menkominfo: Tak Akan Ada Praktek Monopoli



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini