Sukses

Samsung Sukses Kuasai Pasar Smartphone China

Samsung diklaim sukses mengalahkan tiga vendor lokal dan pesaing utama mereka, Apple.

Jumlah populasi penduduk yang sangat besar di China menjadikan negara ini pasar potensial bagi para pelaku industri. Tak terkecuali bagi para vendor ponsel yang turut berlomba-lomba menguasai pangsa pasar negara yang dihuni lebih dari 1,2 miliar jiwa itu.

Saat ini Samsung dikabarkan berhasil keluar sebagai pemenang di kerasnya persaingan pasar smartphone di China. Perusahaan asal Korea Selatan itu diklaim sukses mengalahkan tiga vendor lokal dan pesaing utama mereka, Apple.

Kemenangan Samsung di Negeri Tirai Bambu itu baru saja diungkap melalui laporan riset terbaru dari Digitimes Research. Namun, laporan baru itu tak memaparkan secara detil penguasaan pangsa pasar yang berhasil dimiliki tiap-tiap vendor di pasar China sepanjang tahun 2013 lalu.

Menurut yang dilansir laman Phone Arena, laporan dari Digitimes Research hanya menyebutkan bahwa Samsung berada di posisi puncak diikuti Lenovo di posisi kedua, Huawei di posisi ketiga, dan Coolpad di posisi keempat.

Sedangkan iPhone dari Apple harus puas berada di posisi kelima. Padahal menurut analis, iPhone bisa mendapatkan angka penjualan yang lebih baik bila Apple bekerjasama dengan China Mobile lebih cepat.

Penjualan iPhone 5C yang buruk juga berkontibusi atas buruknya pangsa pasar yang berhasil diraih Apple secara umum. Sementara itu Huawei dan Coolpad mampu meraih pangsa pasasr yang cukup besar berkat strategi penjualan online yang gencar dilakukannya.

Lembaga riset itu pun memaparkan penjualan keseluruhan smartphone di kuartal akhir 2013 naik 21,9% dibanding kuartal sebelumnya. Jumlah itu juga mengalami peningkatan 15,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan smartphone di China diprediksi akan terus meningkat pada awal tahun 2014. Momen perayaan tahun baru Imlek diharapkan mempengaruhi penjualan smartphone yang ditarget akan mencapai 100 juta unit di China.

Baca juga:

Hasil Benchmark Tunjukkan Galaxy S5 Kalahkan Note 3
Samsung Ungkap Waktu Peluncuran Galaxy S5
Inikah Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S5?
Samsung Galaxy S5 Siap Masuk Indonesia?




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.