Sukses

BlackBerry Messenger di Desktop, Berminat Atau Tidak?

Untuk mengetahui minat pengguna BBM terhadap rencana kehadiran BBM di desktop, BlackBerry melakukan survei kepada para pengguna.

Aplikasi chatting andalan BlackBerry, BlackBerry Messenger (BBM), sudah tersedia di perangkat Android dan iOS sejak bulan Oktober 2013. Namun BlackBerry juga berencana menghadirkan layanan itu untuk komputer desktop.

Informasi ini terungkap pertama kali pada saat acara BlackBerry Jam Asia 2013 yang berlangsung di AsiaWorld Expo Center pada akhir bulan September 2013. Saat itu BlackBerry menunjukkan foto demo BBM untuk desktop di hadapan para developer.

Nah untuk mengetahui minat pengguna BBM terhadap rencana tersebut, BlackBerry pun melakukan survei kepada para pengguna. BlackBerry sepertinya serius untuk menghadirkan BBM di desktop.

Menurut laporan Ubergizmo, survei tersebut dikirim BlackBerry melalui software BlackBerry Link 1.2. Survei ini dibuat hanya untuk mencari tahu pendapat pengguna terkait fitur apa yang harus ada pada update BBM kelak. Dan salah satu pertanyaannya terkait dengan integrasi BBM dan SMS.

Memang, belum ada pernyataan resmi apapun dari BlackBerry terkait fitur tersebut, termasuk apakah BBM akan terintegrasi dengan SMS. Namun mengingat BBM tidak lagi eksklusif di BlackBerry dan sudah hadir di iOS dan Android, strategi ini memungkinkan BlackBerry mendongkrak jumlah pengguna BBM.

Lagi pula, jika BBM hadir di desktop, ini akan memudahkan pengguna untuk mengirim pesan melalui komputer. Bukankah akan lebih mudah jika Anda bisa mengirim pesan BBM dari desktop saat sedang bekerja di depan komputer tanpa harus bolak-balik mengecek ponsel?

Tentu saja BlackBerry tidak akan bisa meraup untung dari BlackBerry lintas platform karena BBM diberikan gratis. Namun jika pengguna BBM makin banyak, inilah yang akan menjadi nilai jual bagi BlackBerry untuk menawarkan iklan melalui BBM Channel.

BlackBerry mendemokan BBM untuk desktop menggunakan PC berbasis Windows 7 di acara BlackBerry Jam Asia 2013. Namun BBM untuk desktop tersebut bukan seperti BBM untuk Android dan iPhone yang harus diinstal secara mandiri.

Menurut Vice President Developer Relations and Ecosystem, Alec Saunders, pengguna BlackBerry nantinya bisa menampilkan konten yang ada di perangkat mereka ke desktop melalui USB dan WiFi. Setelah itu pengguna bisa menggunakan BBM untuk mengirim foto, pesan file dan sebagainya melalui komputer. (dew)


Baca juga:
BlackBerry Messenger Akan Hadir di Komputer Desktop
BlackBerry Jakarta Harus Lebih Murah dari Android?
Ini 4 Strategi BlackBerry Agar Bisa Bertahan Hidup
BlackBerry Bakal Setia Pakai Keyboard Qwerty Fisik
Akhirnya Pengguna BBM di Android Bisa Telepon Gratis?
Kini Update Status BBM Bisa Sekaligus Nge-Tweet



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini