Sukses

Update Windows Phone 8.1 Dirilis Bulan Depan

Nantinya sebuah handset berbasis Windows Phone 8.1 tak lagi diharuskan memiliki tiga tombol kapasitif di bagian depan.

Liputan6.com, Jakarta Microsoft mengumumkan banyak hal pada kesempatan pre-event Mobile World Congress (MWC) 2014 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, hari ini, Senin (24/2/2014).

Setelah memastikan kehadiran aplikasi Facebook Messenger di Windows Phone Store, Vice President for Windows Phone Program Management at Microsoft, Joe Belfiore, juga mengungkapkan update sistem operasi Windows Phone 8.1 akan segera dirilis pada musim semi mendatang. Atau lebih tepatnya sekitar bulan Maret hingga Mei 2014.

Mengutip laman The Verge, Belfiore menjelaskan bahwa nantinya sebuah handset berbasis Windows Phone 8.1 tak lagi diharuskan memiliki tiga tombol kapasitif di bagian depan, namun akan mendukung tombol on-screen seperti kebanyakan produk smartphone lainnya.

Selain itu, platform Windows Phone 8.1 pun akan mendukung penggunaan dual-SIM dan chip Qualcomm Snapdragon 400 serta Snapdragon 200 yang banyak digunakan untuk smartphone segmen menengah ke bawah. Dan tak ketinggalan pula disertakan kemampuan menyimpan file aplikasi unduhan di kartu microSD.

Namun anehnya pada kesempatan itu Belfiore sama sekali tak menyebut keberadaan fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara bernama Cortana yang belakangan menjadi isu hangat di dunia maya.

Meski begitu, banyak pihak yang masih meyakini jika nantinya Cortana akan tetap tersedia di smartphone terbaru yang telah dibekali sistem operasi Windows Phone 8.1.

Sebelumnya informasi terkini menyebutkan Cortana bisa memahami 15 bahasa berbeda. Jika kabar ini terbukti kebenarannya, bisa dipastikan bahwa Cortana akan lebih pintar dari Siri milik Apple. Pasalnya hingga saat ini Siri yang tersedia untuk sistem operasi iOS 5 hanya menguasai empat bahasa, yaitu Inggris, Jerman, Jepang dan Perancis.


Baca juga:
`Siri` Versi Windows Phone Kuasai 15 Bahasa
April, Microsoft Perkenalkan Fitur Pesaing Siri dan Google Now
Windows Phone 8.1 Dirilis Awal Tahun 2014?
Saingi Siri, Microsoft Kembangkan Asisten Pribadi Cortana
Windows Phone 8.1 Sedang Diuji Coba Secara Internal?


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.