Sukses

Februari, Microsoft Umumkan Nama CEO Baru?

Alasan penundaan tersebut terkait dengan kesibukan Bill Gates yang memegang peranan penting dalam menentukan kandidat CEO Microsoft.

Proses pencarian panjang calon pengganti CEO Microsoft Steve Ballmer kembali dilanjutkan. Meski awalnya Microsoft yakin bisa mendapatkan nama calon CEO baru pada akhir tahun 2013, nyatanya hal tersebut tidak juga terwujud.

Perusahaan asal Redmond, Washington ini pun kemudian menganulir jadwal penunjukkan CEO baru pada bulan Januari 2014. Sayangnya hingga awal bulan ini tidak ada pertanda keluarnya nama calon orang nomor satu di Microsoft itu.

Salah satu sumber terdekat menyebutkan, Februari kemungkinan akan menjadi saat yang tepat untuk mengumumkan nama pengganti Steve Ballmer. Alasan penundaan tersebut terkait dengan kesibukan sang pendiri Microsoft, Bill Gates yang memegang peranan penting dalam menentukan kandidat CEO ketiga Microsoft.

"Gates merupakan kunci utama proses pencarian ini, meskipun dewan direksi juga terlibat namun perannya sangat besar untuk hal ini," ucap John Thompson kepada Recode, Kamis (9/1/2015).

Meski sudah tidak lagi memimpin perusahaan, namun suara Gates masih dominan dan berpengaruh besar. Sejumlah keputusan penting akan berakhir di tangannya, termasuk pemilihan orang nomor satu bagi perusahaan yang didirikannya.

"Kesibukan Gates dengan yayasan pribadinya cukup menyita waktu, terlebih ia akan menghadiri World Economic Forum, acara yayasan yang akan berlangsung pada 20 Januari 2014 dan acara lainnya di Swiss," ujar John.

Kandidat internal perusahaan yakni Satya Nadella dan Tony Bates kembali mengemuka. Nadella dianggap minim dalam pengalaman bisnis dan penjualan sehingga banyak pihak meragukannya. Berbeda dengan Bates yang dianggap lebih memiliki kredibilitas dalam industri bisnis. (vin/dew)


Baca juga:
Steve Ballmer Ungkap Alasannya Mundur dari Microsoft
Tunda Pemilihan CEO, Microsoft Tunjuk CIO Baru
Microsoft Tunda Pemilihan CEO Baru Hingga Awal Tahun 2014
Microsoft Incar Bos Qualcomm Untuk Jadi CEO
Bos Ford Tak Tertarik `Pinangan` Microsoft




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.